Segera Kerjakan Ketika Ingat

414

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Manusia, dikatakan sebagai tempat salah dan lupa (الانسان محل الخطأ والنسيان), maka tentulah kita pernah mengalami yang namanya salah apalagi lupa.

TRUE STORY:

1- Kewajiban kita adalah melaksanakan shalat 5 waktu sehari semalam.

Jangan sampai ada yang tertinggal, kalau pun ada salah satunya yang tertinggal karena lupa atau ketiduran, maka segera laksanakan shalat yang terlupakan itu seketika saat ingat atau terbangun.

Rasulullah ﷺ bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه: من نسى صلاة او نام عنها فكفارتها ان يصليها اذا ذكرها. رواه مسلم

“Siapa yang lupa shalat atau karena ketiduran sehingga belum shalat, maka hendaklah ia segera kerjakan shalat yang tertinggal itu seketika ia ingat dan tersadar bahwa ia belum shalat,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Gunakan Kalimat yang Tegas Saat Berdoa

POINTERS:

1- Jangan pernah menunda-nunda shalat, apalagi meninggalkannya. Shalat adalah PIN atau barcode membuka pintu surga. Bagaimana bisa membuka kalau tidak punya pinnya.

2- Shalat yang terbaik adalah yang dikerjakan di awal waktu.

3- Mari kita hafal dan biasakan baca doa mustajab ini agar kelalaian, khilaf serta salah kita diampuni Allah SWT:

اللهم ان كثرت ذنوبى فاغفرها. وان ظهرت عيوبى فاسترها وان زادت همومى فأزلها وان ضلت نفسى طريقها فردها اليك ردا جميلا

Allaahumma in katsurat dzunuubii faghfirhaa, Wa in dzaharat ‘uyuubii fasturhaa, Wa in zaadat humuumii fa azilhaa, Wa in dhallat nafsii thoriiqahaa faruddahaa ilaika rafdan jamiilan.

BACA JUGA: Jangan Begadang

“Yaa Allah, jika dosa banyak menerpa diriku maka ampunilah aku. Jika kekurangan dan aib ku tersingkap, maka tutupilah. Jika rasa cemas, khawatir dan bimbang menerpaku, maka singkirkanlah. Jika langkah langkah ku tersesat dan menyimpang dari jalanMu, maka kembalikanlah aku ke jalanMu yang lurus dan indah”.

Mari kita berdoa, agar Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu menjalankan apa-apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Rasulullah ﷺ.

Dan Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here