Saat Menghadapi Masalah, Baca Dzikir dan Doa Ini

537

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Hidup ini terkadang mulus, namun terkadang diuji oleh cobaan. Maka, jika menghadapi masalah dan kesulitan, jangan cemas, justru tingkatkan kesabaran, dan perbanyak Doa.

TRUE STORY:

Rasuulullaah ﷺ memberikan kunci dan jalan keluar setiap masalah dan kesulitan yang dihadapi:

BACA JUGA: Kondisi Kita Sedang Tidak Baik-Baik Saja

1- Rasuulullaah ﷺ jika menghadapi persoalan besar, masalah berat yang membuat sulit, maka beliau membaca dzikir pendek ini;

لا اله الا الله العظيم الحليم، لا اله الا الله رب العرش العظيم، لا اله الا الله رب السموات ورب الارض ورب العرش الكريم

Laa ilaaha illallaah, Al ‘Adziimul Haliim, Laa ilaaha illallaah, Rabbul ‘Arsyil ‘Adziim, Laa ilaaha illallaah, Rabbus Samaawaati, Wa Rabbul Ardhi Wa Rabbul ‘Arsyil Kariim.

“Sungguh, tidak ada Tuhan selain Allaah,Tuhan Yang Maha Agung Lagi Maha Lembut. Sungguh tidak ada Tuhan selain Allaah, Tuhan Yang Memiliki Kekuasaan ‘Arasy Yang Maha Agung. Sungguh, tidak ada Tuhan selain Allaah, Tuhan Yang Maha Pemurah, Dialah Tuhan Pemilik Langit, Bumi dan Kekuasaan ‘Arasy”.

BACA JUGA: Jangan Sepelekan yang Sunnah

POINTERS:

Allaah SWT mengingatkan bahwa akan ada ujian, cobaan, dan Allaah juga memberi solusinya. Allaah SWT berfirman:

وَلَـنَبۡلُوَنَّكُمۡ بِشَىۡءٍ مِّنَ الۡخَـوۡفِ وَالۡجُـوۡعِ وَنَقۡصٍ مِّنَ الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَنۡفُسِ وَالثَّمَرٰتِؕ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيۡنَۙ. (البقرة ١٥٥)

“Dan Kami pasti akan Menguji kamu dengan sedikit rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,” (QS Al Baqarah, surah ke-2, ayat 155, halaman 24).

2- Hafalkan dan amalkan Dzikir tersebut di atas, dan yakini bahwa Allaah SWT akan turun tangan Menganugerahkan pertolongan-Nya.

3- Dengan adanya ujian, cobaan, agar Manusia selalu ingat pada Allaah SWT. Dan Allaah Suka sekali Mendengar suara Dzikir dan Doa hamba-Nya.

4- Yakinlah, sungguh Allaah SWT Maha Mendengar setiap ucapan dan Doa kita, apalagi di saat kita menghadapi kesulitan.

BACA JUGA: Jangan Langsung Ditinggal Pergi, Bertafakurlah Sejenak

Ummul Mukminiin, ‘Aisyah isteri Rasul RA menuturkan:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى وَسِعَ سَمْعُهُ الأَصْوَاتَ فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى عَلَى النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم; (قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِى تُجَادِلُكَ فِى زَوْجِهَا)

“Segala puja dan puji hanya untuk Allaah Yang pendengaran-Nya begitu luas sampai berbagai suara pun terdengar. Kemudian turunlah ayat firman Allaah kepada Rasuulullaah (yang artinya), “Sungguh, Allaah telah Mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari no. 7385).

Sahabat Rasul bernama Abu Musa RA menuturkan:

عَنْ أَبِى مُوسَى قَالَ كُنَّا مَعَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فِى سَفَرٍ فَكُنَّا إِذَا عَلَوْنَا كَبَّرْنَا فَقَالَ: ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ ، فَإِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا، تَدْعُونَ سَمِيعًا بَصِيرًا قَرِيبًا

“Saat kami bersama dengan Rasuulullaah ﷺ berada dalam sebuah perjalanan jauh, di waktu kami melewati jalan yang mendaki dan menanjak, maka kami semua bertakbir.

BACA JUGA: Kita Terus Disadap dan Direkam

Dan Rasul ﷺ bersabda: “Tenang dan bersikap kalemlah terhadap diri kalian dan pelankan suara kalian karena kalian tidaklah berdo’a pada sesuatu yang tidak mendengar dan tidak ada. Kalian sedang berdo’a pada Allaah, Tuhan Yang Maha Mendengar, Maha Melihat dan Lagi Maha Dekat,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari no. 7386).

5- Sungguh Allaah SWT Mendengar setiap suara di muka Bumi ini, baik yang nampak maupun yang tersembunyi. Dan Allaah Maha Mendengar dan Mengabulkan Doa setiap hamba-Nya.

Allaah SWT berfirman:

وَكَانَ اللَّهُ سَمِيعًا بَصِيرًا

“Sungguh Allaah Maha Mendengar lagi Maha Melihat,” (QS. An Nisaa’, surah ke-4, ayat 134, halaman 99).

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Allaah, dan Dia-lah yang Maha Mendengar Lagi Maha Melihat,” (QS. Asy Syuuraa, surah ke-42, ayat 11, halaman 484).

BACA JUGA: Biasakan Baca Dua Ayat Ini Saat Akan Tidur, Maka Kondisi Akan Membaik

قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا وَتَشْتَكِي إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَا إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ. (المجادله ٥٨ الاية ١)

“Sungguh, Allaah telah Mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan halnya kepada Allaah. Dan Allaah Mendengar percakapan antara kamu berdua. Sungguh, Allaah Maha Mendengar Lagi Maha Melihat,” (QS. Al Mujaadalah, surah ke-58, ayat 1, halaman 542).

Sebagai penutup, mari kita berdoa: Yaa Allaah, anugerahkan kami semua kemudahan dan kemampuan untuk selalu berbaik sangka, sabar saat diuji, menjauhi buruk sangka, dan rajin berdzikir pada-Mu yaa Allaah.

Yaa Allaah Tuhanku, bimbing kami agar selalu eling mengingat-Mu yaa Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada-Mu yaa Allaah.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here