Saat Hati Cemas dan Galau

346

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Manusia tidaklah luput dari masalah dan ujian hidup, membuat hati menjadi cemas, resah, dan gelisah. Hal ini sangatlah manusiawi.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

TRUE STORY:

Rasulullah ﷺ pun pernah mengalami kesedihan mendalam pada masa ‘Aamul Huzni (عام الحزن) atau “Tahun Duka Cita”, yaitu ketika beliau ditinggal wafat oleh 2 orang: pamannya bernama Abu Thalib yang menjadi orang terkuat di masanya yang selalu melindungi dan membela Rasulullah, dan sang Istri tercinta, Khadijah Binti Khuwailid RA.

BACA JUGA: Agar Kebutuhan Terpenuhi

POINTERS:

1- Jika hati sedang dalam keadaan gundah, cemas, galau, resah, dan sedih, shalat adalah penyembuhnya. Yaitu shalat yang khusyu, tidak tergesa gesa dan dihayati makna bacaannya.

2- Rasulullah ﷺ bersabda menekankan bahwa shalatlah cara terbaik untuk mengatasi hati dan jiwa yang galau, cemas menjadi riang bahagia:

وَجُعِلَتْ قُرَّةَ عَيْنٍ فِيْ الصَّلَاةِ

“Dan Shalat telah dijadikan penghibur, penghias hati, kebahagiaan dan kegembiraan,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam An-Nasai 7/61 no. 3939, 3940, Ahmad 3/128 no. 14069 dan diperkuat oleh Al-Imam Al-Albani).

BACA JUGA: Imam Inspeksi Barisan

3- Shalat Tahajjud adalah satu dari banyak jenis shalat untuk mendapatkan ketenangan hati. Maka bangunlah pada sepertiga malam terakhir atau setelah jam 2 tengah malam, tunaikan Shalat Tahajjud.

Shalat Tahajjud yang dilakukan di tengah malam, di mana kebanyakan manusia terlelap dalam tidurnya dan berbagai aktivitas hidup berhenti, serta suasana begitu hening, sunyi, dan tenang, sangat menunjang konsentrasi seseorang yang akan mendekatkan diri taqarrub kepada Allah SWT.

4- Dalam situasi seperti inilah kita akan bisa dengan mudah mendapatkan ketenangan yang dirasakan secara psikis dan batin bagi yang rutin melakukan Shalat Tahajjud. Terlebih, dalam Shalat Tahajjud terdapat dimensi dzikir, mengingat Allah.

Allah SWT berfirman:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

“Yaitu, orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram,” (QS. Ar-Ra’d, surah ke-13, ayat 28, halaman 252).

BACA JUGA: Jadilah Orang yang Bersih di Mata Allah

5- Shalat Istikhaarah juga merupakan shalat sunnah yang bertujuan untuk memohon petunjuk Allah SWT saat menghadapi beberapa pilihan berat dan meragukan. Dengan Shalat Istikhaarah seseorang akan mampu menentukan pilihan yang terbaik dari beberapa pilihan atas petunjuk Allah.

Sahabat Rasulullah ﷺ bernama Jabir Bin Abdullah RA menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ mengajarkan cara mengerjakan Shalat Istikhaarah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan surah-surah dalam Alquran.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan Shalat dua rakaat selain salat fardlu,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam Ahmad, Al-Bukhari, Ibnu Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya).

6- Shalat Istikhaarah adalah shalat sunnah 2 rakaat yang telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ untuk menentukan pilihan yang mendesak.

BACA JUGA: Tanpa Alas Kaki

7- Selain dengan shalat sunnah, ada pula doa yang biasa Sahabat panjatkan saat sedang berada dalam situasi hati yang gelisah:

اللهم اني اعوذ بك من الهم والحزن, واعوذ بك من العجز والكسل, واعوذ بك من الجبن والبخل, واعوذ بك من غلبة الدَّين وقهر الرجال

Allaahumma innii A’uudzu bika minal hammi wal huzni, wa a’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’uudzu bika minal jubni wal bukhli, wa a’uudzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

“Ya Allah, aku berlindung padaMu dari kebimbangan dan kepiluan. Aku berlindung padaMu dari ketidak mampuan dan kelalaian. Aku berlindung padaMu dari rasa takut pengecut dan sifat kikir. Dan aku berlindung padaMu dari hutang dan penindasan orang orang”.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here