Sambut Ramadhan, Yuk Bersih-Bersih Masjid

Sambut Ramadhan, Yuk Bersih-Bersih Masjid
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1444H. Maka perlu kita melakukan persiapan lahir batin agar Ramadhan bisa mengantarkan kita ke Aljannatul Firdausil A'laa dan menjauhkan kita dari siksa kubur dan Api Neraka. Apa yang perlu kita lakukan menjelang Ramadhan? Minimal kita aktif membersihkan dan mempercantik masjid, rumah Allah yang dititipkan kepada kita. Upayakan melakukannya sendiri, namun jika tidak bisa melakukannya sendiri, upahkanlah kepada orang. BACA JUGA: 3 Penyelamat di Balik 3 RahasiaTRUE STORY: Pahala yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang suka membersihkan, menjaga kebersihan dan mempercantik masjid sangatlah dahsyat, luar biasa. Minimal ada tiga keutamaan menjaga kebersihan masjid, yakni: 1- Dosanya diampuni oleh Allah. Orang yang menjaga kebersihan masjid, meskipun hanya dengan membuang kotoran sekecil apapun, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Hadits oleh Al-Imam As-Suyuthi dalam Kitab Lubabul Hadiits :

مَنْ أَخْرَجَ قَذَرَةً مِنَ الْمَسْجِدِ بِقَدْرِ مَا يَدُوْرُ فِى الْعَيْنِ أَخْرَجَهُ اللهُ تَعَالَى مِنْ أعْظَمِ ذُنُوْبِهِ

"Siapa yang mengeluarkan kotoran dari Masjid dengan seukuran yang dapat dipandang oleh mata, maka Allah SWT akan mengeluarkan dosa-dosa yang besar dari dirinya". BACA JUGA: Berbahagia dan Bergembira Lagi 2- Dibangunkan rumah di Surga. Hadits oleh Al-Imam As-Suyuthi dalam kitab Lubabul Hadiits, dari Sa’iid Al-Khudri, menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ أَخْرَجَ أَذًى مِنَ الْمَسْجِدِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

"Siapa yang mengeluarkan kotoran dari Masjid, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di dalam Surga". 3- Mendapatkan perhatian istimewa dan kedudukan yang mulia. Rasulullah ﷺ bersabda, sebagaimana disebutkan dalam Hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ -فِي قِصَّةِ الْمَرْأَةِ الَّتِي كَانَتْ تَقُمُّ الْمَسْجِدَ- قَال: فَسَأَلَ عَنْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: مَاتَتْ فَقَالَ: أَفَلاَ كُنْتُمْ آذَنْتُمُونِي فَكَأَنَّهُمْ صَغَّرُوا أَمْرَهَا. فَقَالَ:دُلُّونِي عَلَى قَبْرِهَا فَدَلُّوهُ فَصَلَّى عَلَيْهَا. (رواه مسلم)

"Sahabat Abu Hurairah RA menuturkan kisah seorang perempuan yang biasa mengurus kebersihan masjid, dia berkata;"Rasulullah ﷺ bertanya tentang perempuan tersebut. Sahabat menjawab: ‘Ia telah wafat.’ BACA JUGA: Menyerobot Batas Tanah Orang Lalu Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku? Seakan-akan para Sahabat meremehkan kedudukan perempuan tersebut. Lalu Rasulullah ﷺ bersabda lagi: ‘Mari kalian tunjukkan kepadaku kuburan perempuan itu. Lalu Rasulullah ﷺ menyalati perempuan tersebut". POINTERS: 1- Jangan mengabaikan kesempatan menjelang Ramadhan, agar aktif bersih bersih masjid. 2- Percantik dan perindahlah masjid, Rumah Allah melebihi dari rumahmu. 3- Kalau tidak bisa membersihkan sendiri, upahkanlah ke orang lain. Mari kita berdoa, agar Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu menjalankan apa-apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Rasulullah ﷺ. Dan Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك