3 Penyelamat di Balik 3 Rahasia

314

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Keterbatasan kemampuan kita untuk memahami hikmah di balik suatu peristiwa membuat kita sering mengira-ngira.

Namun bagi orang yang beriman, selalu barbaik kira, berhusnuzzon dengan menaati segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

TRUE STORY:

Ada 3 hal yang dirahasiakan Allah di balik 3 hal.

الله أخفى ثلاثة في ثلاثة

١- رضاه في طاعته. فلا تحقرنّ من المعروف شيئاً فلعل رضاه فيه

٢- وأخفى سخطه في معصيته. فلا تحقرنّ من المعاصي شيئاً فلعل سخطه فيه

٣- وأخفى أولياءه في خلقه. فلا تحقرنّ أحداً من خلقه فلعله منهم

BACA JUGA: Berbahagia dan Bergembira Lagi

Allah SWT Merahasiakan 3 hal di balik 3 hal:

1- Ridha-Nya Allah dirahasiakan di balik ketaatan pada-Nya. Maka jangan pernah meremehkan perbuatan baik sekecil apapun, karena bisa jadi di balik kebaikan itulah ada curahan Ridha-Nya.

2- Murka Allah dirahasiakan di balik perbuatan maksiat. Maka jangan pernah menganggap enteng perbuatan dosa maksiat sekecil apapun. Karena bisa jadi, di balik perbuatan dosa itulah, ada murka dan siksa Allah.

3- Kekasih-kekasih Allah dirahasiakan keberadaannya di balik setiap makhluk-Nya, maka jangan pernah menganggap enteng apa dan siapapun, apalagi menghinanya. Karena bisa jadi, di baliknya, di situ ada Kekasih Allah.

BACA JUGA: Abaikan Penggunjing

POINTERS:

1- Jangan pernah nyinyir, menghina, menganggap remeh apa dan siapapun. Sayangilah dan hargailah apa dan siapapun. Karena semua yang ada, adalah properti Allah, milik Allah:

انا لله وانا اليه راجعون

“Kita ini, semua adalah milik Allah, dan sungguh kita semua akan kembali lagi kepada Allah”.

2- Jangan juga menganggap ringan perbuatan dosa sekecil apapun. Bisa jadi karena perbuatan dosa kecil kita, itulah yang membuat Allah SWT murka pada kita.

BACA JUGA: Menyerobot Batas Tanah Orang

3- Saling memuliakan dan berkasih sayanglah selalu. Jadilah cahaya walaupun tak tersentuh, tapi selalu menerangi. Jadilah angin walaupun tak tampak, tapi selalu menyejukkan. Jadikanlah doa sebagai sedekah, walaupun tak terdengar, tapi selalu saling mendoakan.

Jadilah Sahabat sejati walaupun tak selalu bersama, tapi selalu saling menjaga hati. Jadilah kenangan indah walaupun tak bersama lagi, tapi selalu teringat.

زر غبا تزدد حبا

Zur ghibban, Tazdad hubban.

“Meski jarang saling mengunjungi, namun menambah rasa kangen”.

Mari kita berdoa, agar Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu menjalankan apa-apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Rasulullah ﷺ.

Dan Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here