Mulai dari yang Dekat Saja Dulu

Mulai dari yang Dekat Saja Dulu
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Dalam beribadah, beramal shalih, amalkan semampu dahulu, lakukan yang dekat dahulu sambil berusaha bisa melakukan yang lebih banyak dan yang jauh. Memang, terkadang apa yang kita inginkan, belum tentu bisa segera terwujud. Namun jangan berhenti di sini, teruslah berusaha maksimal untuk sampai mampu menggapai apa yang dicita citakan. TRUE STORY: Sambil menunggu waktu dan adanya kemampuan. Mari kita renungkan pesan indah ini:

من لم يستطع الوقوف بعرفة. فليقف عند حدود الله الذي عرفه

"Siapa yang belum bisa Wukuf di Padang Arafah, Wuquflah (berhentilah) pada "batas larangan-larangan Allah yang telah diketahui". BACA JUGA: Memuliakan Ibu dan Ayah, Urutan Kedua Setelah Allah Ta’ala

ومن لم يستطع المبيت بمزدلفة. فليبت على طاعة الله ليقربه ويزلفه

"Siapa yang belum bisa Mabit atau bermalam di Muzdalifah, Mabitlah (bemalamlah) di "tengah malam dengan mentaati Allah, bertaqarrub, mendekatkan diri kepada-Nya".

ومن لم يقدر على ذبح هديه بمنى. فليذبح هواه ليبلغ به الُمنى

"Dan siapa yang belum mampu menyembelih Hewan Qurban di Mina, sembelihlah "hawa nafsu" agar bisa meraih "Muna" atau harapan harapan yang diidamkan".

ومن لم يستطع الوصول للبيت لأنه بعيد. فليقصد رب البيت فإنه أقرب إليه من حبل الوريد

“Siapa yang belum mampu sampai ke Baitullah (rumah Allah) karena jauh, maka "mendekatlah kepada Rabbal-Bait (Pemilik Rumah), karena Ia lebih dekat dibanding urat leher". (Ref;Kitab Lathaiful Ma’arif, Hal 633 oleh Ibnu Rajab). BACA JUGA: Traveling itu Perintah AllahPOINTERS: 1- Pesan mahfuzhaat:

لا تؤخر عملك الى الغد ما تقر ان تعمله اليوم

"Jangan sekali-kali menunda ke esok hari apa apa yang bisa engkau kerjakan hari ini". 2- Amalkan apa yang sudah diketahui, sambil terus belajar menambah ilmu, rajin mengikuti Ta'lim dan Tausiah. 3- Bobot pahala lebih ditentukan oleh kualitas bukan kuantitasnya. Mari kita berdoa, agar Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu menjalankan apa-apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Rasulullah SAW. Dan Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك