Jadilah Orang yang Bersih di Mata Allah

Jadilah Orang yang Bersih di Mata Allah
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Dambaan kita semua adalah menjadi orang bersih, yang MULIA di sisi Allah, Hamba Allah yang diistimewakan. TRUE STORY: 1- Allah SWT berfirman:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ ٱلْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ (السجدة ١٦)

"Punggung mereka tidak lagi di tempat tidurnya, mereka bangun, dan mereka berdoa pada Allah, Tuhannya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan," (QS As Sajdah, surah ke-32, ayat 16, halaman 416). 2- Allah SWT berfirman:

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ

“Dan sembahlah Tuhanmu sampai yakin ajal datang kepadamu,” (QS Al-Hijr, surah ke-15, ayat 99, akhir surah, Halaman 267). BACA JUGA: Tanpa Alas Kaki 3- Allah SWT berfirman memerintahkan agar bangun di tengah malam untuk beribadah:

قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ

"Bangunlah untuk Shalat pada malam hari, meski sebentar saja,” (QS Al-Muzzammil, surah ke-73, ayat 2, halaman 574). POINTERS: 1- Tiap 2/3 malam, atau setelah jam 2 tengah malam, bangunlah Shalat Tahajjud dengan didahului Shalat Taubat 2 Rakaat. Niatnya:

اصلى صلاة التوبة ركعتين لله تعالى

Ushallii Shalaatat Tauubati Rak'ataini Lillaahi Ta'aalaa. "Aku Shalat Taubat Mohon Ampunan Allah Ta'aalaa". BACA JUGA: Tidak Banyak Waktu Lagi 2- Shalat TAUBAT penting sekali bagi kita, karena kita tidak luput dari perbuatan dosa pada siang dan malam hari. 3- Setelah usai Shalat Taubat 2 Rakaat, baru dilanjutkan dengan Shalat Tahajjud minimal 2 rakaat, dan tampa batas maksimal sesuai kemampuan kita. 4- Setelah Shalat Tahajjud selesai, perbanyaklah dzikir baru berdoa DOA TAHAJJUD. Rasulullah ﷺ membiasakan diri Shalat Tahajjud 8 rakaat dengan 4 x salam. 5- Jika setelah Shalat Sunnah Ba'diyah Isya, atau sebelum tidur malam, tadinya belum melaksanakan Shalat Witir, maka setelah Tahajjud tutuplah dengan Shalat Witir, minimal 1 Rakaat dan sebaiknya 3 rakaat. Boleh sekaligus 3 rakaat 1 salam, atau 2 rakaat plus 1 rakaat. BACA JUGA: Lansia itu Anugerah Istimewa 6- DOA USAI SHALAT TAHAJJUD

‎اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

"Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan Engkaulah Maha Raja dari segala Raja di langit dan bumi. Bagi-Mu segala puji, sungguh Engkau Maha Benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar adanya, Neraka adalah benar adanya, terutusnya para nabi adalah benar, terutusnya Muhammad adalah benar dari- Mu, hari Kiamat adalah benar akan terjadi. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal mempercayakan semua urusanku, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku akan kembali dan bertaubat, dengan pertolongan-Mu aku menolak kekufuran, dan dengan hukum hukum Syariat-Mu aku melakukan segala sesuatu. BACA JUGA: Jangan Menggerutu Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkau pula yang menundakan. Tiada Tuhan yang hak disembah kecuali hanya Engkau. Engkau adalah Tuhanku". 7- Dengan rutin dan istiqamah bangun tengah malam melakukan hal-hal di atas, maka engkau adalah orang yang bersih, disayangi, dimuliakan dan diistimewakan oleh Allah SWT. Semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan bangun di tengah malam untuk menjalankan apa apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan menjauhi apa apa yang dilarang oleh Rasulullah ﷺ. Semoga juga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك