Anda yang Punya Anak Perempuan Lebih Banyak, Bersyukurlah!

Anda yang Punya Anak Perempuan Lebih Banyak, Bersyukurlah!
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Ada 5 hadits Rasulullah ﷺ yang membawa berita gembira bagi orangtua yang punya anak perempuan, karena Surga Al-Jannatul Firdausil A'laa merindukannya. TRUE STORIES: Berikut ini 5 Hadits Sahih dari Rasulullah ﷺ yang memuliakan orangtua yang mempunyai anak perempuan tersebut: 1- Surga untuk orangtua jika melindungi anak perempuannya.

عن عبد الله بن عباس رضى الله عنه قال. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :مَنْ كَانَتْ لَهُ أُنْثَى فَلَمْ يَئِدْهَا، وَلَمْ يُهِنْهَا، وَلَمْ يُؤْثِرْ وَلَدَهُ عَلَيْهَا، قَالَ: يَعْنِي الذُّكُورَ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ. رواه احمد

"Siapa yang mempunyai anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam Surga,” (Hadits Sahih Riwayat Al- Imam Ahmad). BACA JUGA: Perempuan Nakal 2- Surga untuk orangtua yang merawat tiga anak perempuan.

 جَابِرٌ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كُنَّ لَهُ ثَلَاثُ بَنَاتٍ يُؤْوِيهِنَّ وَيَرْحَمُهُنَّ وَيَكْفُلُهُنَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ الْبَتَّةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَإِنْ كَانَتْ اثْنَتَيْنِ قَالَ وَإِنْ كَانَتْ اثْنَتَيْنِ قَالَ فَرَأَى بَعْضُ الْقَوْمِ أَنْ لَوْ قَالُوا لَهُ وَاحِدَةً لَقَالَ وَاحِدَةً

“Sahabat Rasul bernama Jabir Ibnu Abdullah RA menuturkan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang mempunyai tiga anak perempuan, dan memberinya tempat tinggal, menyayanginya dan menanggung hidupnya, maka surgalah tempatnya”. Jabir bin Abdullah RA berkata; ada yang bertanya: “Yaa Rasulullah, bagaimana jika hanya dua?” Rasulullah ﷺ menjawab, "Walau hanya dua". Jabir bin Abdullah RA berkata: Jika ada yang bertanya, bagaimana jika punya hanya satu, maka beliau akan menjawabnya, iya walau hanya punya satu pun". BACA JUGA: Tak Terasa, Sepertiga Ramadhan Terlewati 3- Perlindungan dari siksa api neraka. Isteri Rasulullah ﷺ, A’isyah RA menuturkan, bahwa: "Suatu hari, ada seorang ibu bersama dua putrinya menemuiku untuk meminta makanan. Namun aku tidak memiliki makanan apapun selain satu buah kurma. Akupun memberikan satu kurma itu ke ibunya. Kemudian Ibu membelah sebiji Kurma itu menjadi dua, dan memberikannya kepada kedua anaknya, sementara dia tidak memakannya. Lalu dia keluar dan pergi. Setelah itu, Rasulullah ﷺ datang dan aku ceritakan kejadian itu kepada Rasulullah ﷺ. Lalu beliau bersabda:

مَنِ ابْتُلِيَ مِنْ هَذِهِ البَنَاتِ بِشَيْءٍ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ. رواه احمد

 “Siapa yang diuji, dan diamanatkan dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi PERISAI baginya dari siksa Neraka,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Ahmad). BACA JUGA: Nabiiz, Minuman Sehat Ala Nabi 4- Karena memiliki 3 anak perempuan, orangtuanya mendapat perisai di Hari Kiamat. Sahabat Rasulullah ﷺ bernama ‘Uqbah Bin ‘Amir, menuturkan bahwa: "Aku pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلاَثُ بَنَاتٍ وَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ وَكَسَاهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّار. رواه البخارى

“Siapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan, lalu dia bersabar dalam membesarkan dan mendidiknya, memenuhi pakaian dan kebutuhannya dari hasil kerjanya, maka anak-anak itu akan menjadi dinding pemisah baginya dari siksa Neraka,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari). BACA JUGA: Damai Itu Indah, Mari Saling Memaafkan 5- Jika punya 2 anak perempuan, akan bersahabat dengan Rasulullah di Akhirat. Rasulullah ﷺ bersabda:

عن انس بن مالك قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا، جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ» وَضَمَّ أَصَابِعَه . رواه مسلم

“Siapa yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai akil baligh, maka pada hari Kiamat, antara saya dan dia seperti ini. Beliau menggabungkan jari-jarinya,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim). POINTERS: 1- Bagi kedua orangtua yang dianugerahi anak perempuan 1 atau 2 atau 3 atau lebih, mestinya lebih banyak bersyukur, lebih banyak bersujud dan perbanyak sedekah, karena Allah memberinya lebih banyak perhatian khusus dan keistimewaan keistimewaan kelak di Akhirat jika berhasil membesarkannya dengan baik, shalihah dan takwa; BACA JUGA: Mau Surga atau Neraka? Itu Tergantung Kita! 2- Namun, jika tidak mendidik anak perempuannya taat beragama, sehingga sering umbar aurat, maka Allah juga murka pada kedua orangtuanya, dan akan dituntut kelak di Akhirat. 3- Allah memberikan keistimewaan keistimewaan kepada kedua orangtua yang mempunyai anak perempuan jika berhasil menjadikan mereka orang-orang shalihaat, sebagai imbalan atas sulitnya membekali dan mendidik anak perempuan di banding anak laki laki. Semoga Allah SWT menjadikan anak anak kita orang shalihiiin, shalihaat, Qaanitiin dan Qaanitaat, Qaaimiin, dan Qaaimaat. Aamiin Yaa Allah. Wallahu a’lam bish shawab.