Pelaku Kecurangan Akan Disiksa Allah

733

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Allaah SWT mengingatkan bahwa orang-orang yang mengancam, merencanakan kejahatan, kecurangan kepada orang-orang yang beriman, Allaah SWT akan membela orang-orang yang beriman dengan menyelamatkannya dan menyiksa orang-orang yang curang, merencanakan tipu daya, dengan ancaman yang lebih dahsyat lagi.

Allaah SWT berfirman:

وَاِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لِيُثْبِتُوْكَ اَوْ يَقْتُلُوْكَ اَوْ يُخْرِجُوْكَۗ وَيَمْكُرُوْنَ وَيَمْكُرُ اللّٰهُۗ وَاللّٰهُ خَيْرُ الْمٰكِرِيْنَ (الانفال الاية ٣٠)

“Ketika orang-orang yang kufur pada Allaah merencanakan tipu daya terhadapmu untuk menahan, menangkap, memenjarakan atau membunuhmu, atau mengusirmu, mereka itu membuat tipu daya dan Allaah menggagalkan mereka dan membalas tipu daya itu untuk menyelamatkanmu. Sungguh, Allaah adalah sebaik-baik Pembalas tipu daya,” (QS. Al-Anfaal, surah ke-8, ayat 30, halaman 180).

BACA JUGA: Saat Menghadapi Masalah, Baca Dzikir dan Doa Ini

POINTERS:

1- Allaah SWT mengingatkan kepada Rasuulullaah ﷺ dan kita semua umatnya tentang ni’mat yang harus disyukuri, terutama ni’mat Allaah SWT yang menyelamatkan dari upaya jahat orang-orang yang kufur di Makkah.

Dan ingat ketika tokoh tokoh dan pemuka orang-orang kafir Makkah, terutama dari kalangan kaum Quraisy merencanakan tipu daya terhadap Nabi Muhammad untuk mencelakakannya dengan menangkap dan memenjarakannya atau membunuhnya atau mengusirnya dari Makkah. Allaah telah melindungi mereka.

2- Rasuulullaah ﷺ menegaskan tanda tanda orang-orang Munafik yang dinanti oleh Siksa Api Neraka.

Rasuulullaah ﷺ bersabda:

عن عبد الله بن عمر رضى الله عنه قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اربع من كن فيه كان منافقا خالصا ومن كانت فيه خصلة منهن كانت فيه خصلةمن النفاق حتى يدعها: اذا أؤتمن خان واذا حدث كذب واذا عاهد غدر واذا خاصم فجر. (متفق عليه)

“Ada empat sifat yang siapa saja ada dalam dirinya keempat watak tersebut, maka dia adalah Munafik SEJATI. Dan siapa di dalam dirinya terdapat SALAH SATU dari empat watak tersebut, maka di dalam dirinya terdapat watak kemunafikan, sampai dia menjauhinya. Inilah keempat sifat Munafik itu: jika diberi amanah dia berkhianat, jika berbicara dia berbohong, jika dia berjanji tidak ditepati, dan jika marah dia berperilaku sadis, emosi berlebihan,” (Hadits Sahih Muttafaqun ‘Alaihi).

BACA JUGA: Kondisi Kita Sedang Tidak Baik-Baik Saja

3- Doa melemahkan musuh yang mengancam. Rasuulullaah ﷺ mengajarkan doa ini:

اللهم انا نجعلك فى نحورهم و نعوذ بك من شرورهم

Allaahumma innaa naj’aluka fii nuhuurihim wa na’uudzu bika min syuruurihim.

“Yaa Allaah Tuhan kami, kami menjadikan Engkau tameng Pelindung kami terdepan dalam menghadapi musuh musuh kami. Dan kami berlindung pada Mu dari kejahatan dan ancaman mereka,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Abu Dawud 1537, Al-Imam Ahmad 19720).

Penutup, mari kita berdoa: “Yaa Allaah, lindungi kami, jauhkan kami dari orang-orang zhalim dan pelaku kecurangan. Yaa Allaah bimbing kami untuk selalu eling mengingat-Mu, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya hanya kepada-Mu yaa Allaah”.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here