Ongkang-Ongkang Kaki? NO!

507

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Terkadang karena ingin santai, melepas lelah, biasanya ada yang berbaring lalu kaki diongkang-ongkang. Salah satu kaki dinaikkan ke atas kaki yang lain.

Mulai sekarang, jangan lagi dilakukan hal ini, karena dilarang oleh Islam.

TRUE STORY:

1- Rasulullah ﷺ melarang tidur-tiduran sambil ongkang-ongkang kaki:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :لا يستلقين أحدكم ثم يضع احدى رجليه على الاخر. (حديث صحيح رواه مسلم ٢٠٩٩)

“Jangan ada yang berbaring lalu meletakkan salah satu kakinya di atas kakinya yang lain,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim no. 2099).

BACA JUGA: Saat Hati Cemas dan Galau

2- Rasulullah ﷺ bersabda di lain kesempatan, beliau melarang berbaring dengan telentang lalu satu kaki di angkat ke atas kaki yang lain:

عن جابٍر بٍن عبدالله رضي الله عنهُ . عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذا استلقًي احدكُم على ظهرٍه فلا يًضع إحدى رجليه على الأخرى. (أخرجه أحمد (299\3,رقم 14236.  والترمذي 96\5. رقم 2766  وأخرجه أيضا أبو يعلى 28\4رقم 2031 وصححه الألباني في” السلسلة الصحيحه 3\254)

“Sahabat Rasulullah ﷺ bernama Jaabir Bin Abdullah RA menuturkan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda; “Jika ada yang berbaring telentang dengan punggung di bawah, maka jangan mengangkat salah satu kakinya lalu ditumpuk di atas kakinya yang lain,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ahmad no.14236, At Tirmidzi no. 2766, Abu Ya’laa no.203 dan diperkuat oleh Al-Imam Al-Albani).

BACA JUGA: Agar Kebutuhan Terpenuhi

POINTERS:

1- Dilarangnya ongkang-ongkang kaki, karena ini adalah tampilan orang pemalas. Sedangkan, Islam menghendaki umatnya yang energik, rajin dan aktif, bukan yang malas-malasan.

2- Dilarangnya tidur telentang lalu mengangkat kaki, karena terkadang auratnya terbuka, qamis atau sarungnya tersingkap.

3- Berbaring dengan mengangkat kaki di masjid sangat mengganggu jamaah yang lain.

BACA JUGA: Imam Inspeksi Barisan

4- Bagaimana kalau di rumah sendiri? In Syaa Allah boleh-boleh saja, namun karena ongkang-ongkang kaki ini adalah perbuatan yang tidak disukai Rasulullah ﷺ, maka sebaiknya jangan dilakukan walau di rumah sendiri.

Wallaahu A’lam.

Semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu menjalankan apa-apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Rasulullah ﷺ.

Semoga juga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here