Menjemput Impian Indonesia 2024

357
Raja Ampat, Indonesia

Oleh: H. Winarto AR bin Darmoredjo (Majelis Dakwah Edwin Az-Zahra)

Indonesia yang sangat terpuruk karena rendahnya moral dan akhlak para pemimpinnya sudah saatnya menghadirkan pemimpin yang sekaligus jadi “Imam” sehingga impian menjadi negeri yang Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur terwujud.

***

Salah satu kisah yang diabadikan dalam Al-Quran adalah kisah kerajaan yang dipimpin oleh seorang ratu. Kerajaan ini berada di negeri yang bernama Saba’, sebuah negeri yang berada di Syam.

BACA JUGA: Orang Pelit Bukan Umat Rasulullah

Hingga nama Negeri Saba’ terabadikan secara khusus menjadi nama satu surat dalam Al-Quran.

Di dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Saba’ mendapat sebutan khusus dari Allah, yaitu baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur (QS: Saba’:15). Dari beberapa pendapat ahli tafsir, dapat diartikan bahwa baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur adalah sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

Hal ini menjadi pelajaran terpenting bagi masyarakat sebuah negara yang ingin memiliki negara yang termasuk baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur, sebuah negara impian.

Bagaimana cara mewujudkan negeri yang baldatun thoyyibatun warabbun ghofur? Untuk mewujudkan negeri yang baik yang penuh dengan ampunan Allah adalah dengan mewujudkan beberapa hal berikut:

BACA JUGA: Lomba Tanpa Finish

Pertama, ikhlas beribadah kepada Allah (ikhlashul ‘ubudiyyah lillah).

Kedua, akhlak penduduknya yang mulia, ahlak yang mulia merupakan pilar terwujudnya masyarakat dan bangsa yang baik.

Ketiga, sifat amanah yang menyebar dan membumi. setiap penduduk menjalankan kewajiban dan amanah yang dipercayakan kepadanya dengan baik, tidak ada korupsi, suap-menyuap dan pengkhianatan lainnya.

Keempat, adanya keseimbangan yang indah antara urusan dunia dan akhirat. Dan kelima, bertaubat meraih ampunan Allah.

Itulah di antara pilar terwujudnya negeri yang baik dengan Rabb yang Maha pengampun, mudah-mudahan Indonesia menjadi negeri yang diberkahi Allah dan menjadi Negeri “baldatun thoyyibatun warabbun ghofur”. Insyaa Allah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here