Kesempatan Menambah Pahala

591
Ilustrasi: Shalat Jenazah.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Alangkah ni’matnya hidup ini, jika setiap langkah dan kegiatan, kita jadikan sumber pahala.

POINTERS:

1- Salah satu sumber pahala bagi diri kita, dan juga pahala bagi orang lain adalah, jika ada yang meninggal, kita datang ta’ziah ke rumah duka, ikut Shalat Jenazah, mengantarkan ke pemakaman dan mendoakannya.

BACA JUGA: Perkuatlah Pertahanan Diri

2- Bagi yang berhalangan datang ke rumah duka, mari kita jadikan tradisi, jika ada yang meninggal, terutama sahabat, teman dan orang yang kita kenal, maka kita lakukan Shalat GHOIB berjamaah dengan keluarga di rumah masing masing untuk almarhum/almarhumah.

3- In Syaa Allah, kita akan mendapatkan pahala shalat dan pahala doa untuk diri kita, dan juga pahalanya akan dinikmati oleh almarhum/almarhumah.

TRUE RTORY:

1- Rasuulullaah SAW bersabda menjelaskan bahwa Kuburan itu sangat amat gelap, dan akan diterangi oleh doa-doa para sahabatnya:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ان هذه القبور ممتلئة على اهلها ظلمة وان الله ينورها لهم بصلاتي عليهم. (رواه مسلم ٩٥٦)

“Sungguh, kuburan kuburan itu sangat gelap gulita bagi penghuninya. Akan tetapi kuburan kuburan itu akan menjadi terang menderang oleh sinar cahaya dari Shalatku, Shalat dan doanya dari para sahabat yang meninggal),” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim no. 956).

BACA JUGA: Waktu Kita Sangat Terbatas

2- Rasuulullaah SAW bersabda menjelaskan bahwa doa seorang teman untuk Sahabatnya akan dikabulkan walau yang didoakan tidak tau kalau ia didoakan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: دعاء الاخ لاخيه بظهر القلب لا يرد. (صحيح الجامع ٣٣٧٩)

“Doa seseorang untuk Saudaranya tidak ditolak, meski yang didoakan tidak tahu kalau dia sedang didoakan,” (Hadits Sahiihul Jaami’ no. 3379).

BACA JUGA: Jangan Mudah Dibeli

3- Jadikanlah dirimu berkarakter mulia:

تحلى بصفات جميلة، أذن صاغية لمن يشتكي، وكلمة شكر لمن أكرمك وابتسامة لكل مَن حولك. (من كلمات الشيخة منى عبد الجابر)

“Perindahlah dirimu dengan karakter mulia dengan: simaklah siapapun yang mengadu padamu, ucapkan terima kasih kepada setiap yang memuliakanmu, dan senyumlah kepada orang orang yang ada di sekitarmu,” (Syekhah Mona Abdul Jaber).

Mari berdoa, agar Allaah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allaah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here