Dunia itu Penting Sekali

134
Ilustrasi: Petani (sumber: krjogja)

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Allah SWT mengajarkan kita, agar memohon dan bekerja keras untuk menggapai kebahagiaan Duniawi, dan juga kebahagiaan Ukhrowi.

TRUE STORIES:

1- Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 201:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan di antara mereka ada yang berdoa: ‘Yaa Allah, Tuhan kami, berilah kami kebaikan di Dunia dan kebaikan di Akhirat, dan lindungilah kami dari azab Neraka,” (QS. Al-Baqarah [2]: 20, halaman 31).

BACA JUGA: Puasamu di Bulan Muharram itu Sungguh Menyelamatkan

2- Namun di saat yang bersamaan, di saat sibuk dengan urusan Duniawi yang bersifat fana ini, jangan sampai melupakan Ukhrowi, karena Akhiratlah yang kita tuju dan kekal adanya.

3- Tidaklah heran jika manusia banyak yang diperbudak dunia, karena memang indah, apa lagi kilauan harta dan indahnya kebeningan wanitanya.

4- Harta dan wanita, adalah “fitnah”, atau ujian terbesar bagi umat Muhammad ﷺ.  Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً، وَفِتْنَةَ أُمَّتِي الْمَالُ

“Sungguh, pada setiap Ummat ada fitnah atau ujiannya, dan fitnah Ummatku adalah harta,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam Al-Bukhari).

BACA JUGA: Bolehkah Menikah di Bulan Muharram?

5- Manusia akan dibelenggu dan diperbudak oleh harta, karena kerakusan, bahkan terkadang manusia lebih rakus dibanding makhluk lain. Rasulullah ﷺ bersabda:

«مَا ذئبان جَائِعَانِ أُرسِلاَ في غَنَمٍ بأفسَدَ لها مِنْ حِرصِ المرء على المال والشَّرَف لدينهِ »

“Tidaklah dua ekor Serigala lapar yang menghampiri seekor Kambing lebih berbahaya dibanding ambisi seseorang terhadap harta dan demi tegaknya Agamanya,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam At-Tirmidzi no. 2376).

6- Allah SWT berfirman:

ﻭَﻏَﺮَّﺗْﻬُﻢُ ﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺓُ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺷَﻬِﺪُﻭﺍ ﻋَﻠَﻰٰ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻬِﻢْ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻛَﺎﻓِﺮِﻳﻦَ

“Kehidupan Dunia telah menipu mereka,” (QS. Al-An’aam 6, Ayat 130).

BACA JUGA: Muharram kok Dibilang Bulan Sial?

POINTERS:

1- Allah SWT mengingatkan agar hati-hati terhadap godaan harta dan godaan anak-anak. Allah SWT berfirman:

ﻳﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻻَ ﺗُﻠْﻬِﻜُﻢْ ﺃَﻣْﻮَﺍﻟُﻜُﻢْ ﻭَﻻَ ﺃَﻭْﻻَﺩُﻛُﻢْ ﻋَﻦْ ﺫِﻛْﺮِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﻔْﻌَﻞْ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﺄُﻭﻟَﺌِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﺨَﺎﺳِﺮُﻭﻥَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu agar tidak melalaikan kamu dari mengingat Allah. Siapa yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi,” (QS. Al-Munafiquun [63]: 9).

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin membaca Al-Quran dan rajin berdoa.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here