Doa Terhindar dari Kecelakaan Maut

701

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Semua kita pasti akan meninggal, dan semua memohon Husnul Khaatimah. Selain Husnul Khaatimah, kita memohon saat meninggal bukan karena kecelakaan maut yang memilukan, tetapi meninggal dengan tenang, damai, dan indah.

TRUE STORIES:

Rasulullah ﷺ mengajarkan sebuah doa agar kita dijauhkan dari berbagai hal yang memilukan.

BACA JUGA: Manusia Cepat Melupakan

Rasulullah ﷺ bersabda:

 عَنْ أَبِي الْيَسَرِ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ :اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَالْهَدْمِ، وَالْغَرَقِ، وَالْحَرِيقِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا. (رواه النسائى)

“Rasulullah sering berdoa dengan doa ini: “Ya Allaah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dan memohon dijauhkan dari hal-hal ini semua: terjatuh dari tempat tinggi, tertimpa bangunan (termasuk terkena benturan keras dan tertimbun tanah longsor), tenggelam, terbakar. Aku juga berlindung pada-Mu dari campur tangan setan ketika akan meninggal. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan lari dari medan perang. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal karena tersengat hewan beracun,” (Hadis Sahih Riwayat Imam Al-Nasa’i No. 5531).

BACA JUGA: 3 Golongan Orang yang Mengecewakan Allah

POINTERS:

Seringlah membaca doa ini:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَالْهَدْمِ، وَالْغَرَقِ، وَالْحَرِيقِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا.

Allaahumma innii a’uudzu biKa minat taraddii, wal hadmi, wal gharaqi, wal hariiqi. Wa a’uudzu biKa an yatakhabbataniisy Syaitaanu ‘indal mauti, wa a’uudzu biKa an amuuta fii sabiiliKa mudbiran, wa a’uudzu biKa an amuuta ladiighan.

“Ya Allaah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dan memohon dijauhkan dari hal hal ini semua: terjatuh dari tempat tinggi, tertimpa bangunan (termasuk terkena benturan keras dan tertimbun tanah longsor), tenggelam, terbakar. Aku juga berlindung pada-Mu dari campur tangan setan ketika akan meninggal. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan lari dari medan perang. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal karena tersengat hewan beracun”.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan merahmati kita semua. Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here