3 Golongan Orang yang Mengecewakan Allah

367

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Allah SWT akan kecewa berat jika ada hamba-Nya yang tidak peduli pada orang sakit dan tidak peduli pada orang yang lapar dan haus.

Dunia ini hanya sementara, kita semua sedang menuju Akhirat yang kekal abadi. Perbaikilah hidup di Dunia ini dengan banyak kebaikan, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya agar kelak di Akhirat hidup bahagia.

BACA JUGA: Hal yang Meringankan dari Dahsyatnya Al-‘Aqabah

TRUE STORIES:

Di Akhirat nanti ada 3 golongan orang yang membuat Allah kecewa berat, yaitu orang-orang:

1- Saat Allah “sakit” ia tidak datang menjenguk.

2- Saat Allah “lapar”, ia tidak memberi makan.

3- Saat Allah “Haus”, ia tidak memberi air.

Kok Allah sakit, lapar, dan haus?

BACA JUGA: Atasi Sakit dengan Cara Nabi Muhammad ﷺ

Mari kita hayati penjelasan Rasulullah ﷺ di bawah ini:

عن ابى هريرة رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم؛ ان الله عز وجل يقول يوم القيامة؛

ـ يا ابن ادم مرضت فلم تعدنى! قال: يارب، كيف اعودك وانت رب العالمين؟ قال اما علمت ان عبدى فلانا مرض فلم تعده؟ اما علمت انك لو عدته لوجدتنى عنده

– ياابن ادم استطعمتك فلم تطعمنى! قال يارب، كيف اطعمك وانت رب العالمين؟ قال اما علمت انه استطعمك عبدى فلان فلم تطعمه، اما علمت انك او اطعمته لوجدت ذلك عندى

ـ ياابن ادم استسقيتك فلم تسقنى! قال يارب كيف اسقيك وانت رب العالمين؟ قال: استسقاك عبدى فلانا فلم تسقه!. اما علمت انك لو سقيته لو جدت ذلك عندى. رواه مسلم

“Sungguh kelak di Hari Kiamat, Allah Azza Wa Jalla berkata:

– “Wahai Manusia, saat Aku Sakit kenapa engkau tidak datang menjengukKu?” Dijawab: “Bagaimana bisa kami menjenguk-Mu, sedangkan Engkau adalah Tuhan dan Pemilik Seru Sekalian Alam ini?” Allah berkata: “Apakah engkau tidak tahu, bahwa di saat ada orang yang sakit, kenapa engkau tidak datang menjenguknya? Apakah engkau juga tidak tahu pula bahwa, jika engkau datang menjenguknya, maka engkau mendapatkan AKU ada di situ”.

BACA JUGA: Kondisi dan Situasi Selalu Berubah

– “Wahai Manusia, saat Aku kelaparan, Aku meminta diberi makanan”. Dijawab: “Bagaimana mungkin kami memberi-Mu makanan, sedangkan Engkau adalah Tuhan dan Pemilik Seru Sekalian Alam ini?” Allah berkata: “Apakah engkau tidak mengetahui, bahwa saat ada orang yang kelaparan, kenapa engkau tidak memberinya makan? Dan juga apakah engkau tidak tahu pula bahwa, jika engkau memberi makan kepada yang lapar, maka makanan yang engkau berikan itu jatuhnya kepada-Ku?

– “Wahai Anak Adam, di saat Aku kehausan dan meminta air, kenapa engkau tidak memberi-Ku air?” Dijawab: “Bagaimana mungkin kami memberi-Mu air, sedangkan Engkau adalah Tuhan dan Pemilik Seru Sekalian Alam ini”. Allah berkata: “Apakah engkau tidak mengetahui, bahwa ada yang kehausan, kenapa engkau tidak memberinya air? Dan juga apakah engkau tidak mengetahui, bahwa; air yang engkau berikan kepada yang kehausan itu, airnya jatuh kepada-Ku?”

(Demikian terjemahan dari Hadits Sahih yang diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Tidak Tampak, Tapi Sangat Berdampak

POINTERS:

Beruntung dan berbahagialah mereka yang jika:

1- Ada yang sakit segera dikunjungi,

2- Rajin bersedekah makanan,

3- Rutin memberi air minum dan air kebutuhan lain.

4- Kelak di Akhirat, Allah akan menyayangi dan mengasihi mereka yang peduli akan orang lain, rajin bersedekah dan menolong.

Semoga Allah SWT menganugerahkan kita hati yang suka memberi, peduli dan cinta sesama. Dibersihkan dari hati yang kikir, pelit dan lokek. Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here