Ambil Secukupnya, Jangan Anggap Remeh Sisa Makanan dan Minuman

302

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Salah satu perbuatan yang dimurkai Allah SWT, adalah seenaknya menyisahkan dan membuang buang makanan dan minuman.

Kebiasan menyisahkan air minum di gelas dan botol, atau makanan tersisa di piring, segera hentikan, karena bisa jadi penyebab seretnya rezeki dan terbuangnya keberkahan.

Ingat, di sana ada ribuan orang yang kehausan dan kelaparan, sampai sampai kurus dan kekurangan gizi.

BACA JUGA: Keutamaan Berwudhu dan Selalu Mempunyai Wudhu

TRUE STORIES:

1- Sahabat dekat Rasulullah ﷺ bernama Anas radhiyallahu ‘anhu menuturkan bahwa: “Jika Rasulullah ﷺ makan, beliau menjilat ketiga jari-jarinya.”

2- Sahabat Anas RA juga menuturkan bahwa: Rasulullah ﷺ menganjurkan, apabila makanan yang akan disuap salah seorang di antara kalian terjatuh, maka ambillah dan bersihkan, serta makanlah dan jangan membiarkan makanan itu dimakan setan.”

3- Rasulullah ﷺ juga menyuruh umatnya agar membersihkan sisa makanan yang ada di piring. Rasulullah ﷺ bersabda; “Sungguh, kalian tidak tahu di bagian manakah makanan yang membawa berkah,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: 12 Modal Utama Jika Ingin Untung Terus

4- Rasulullah ﷺ juga bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَلْعَقْ أَصَابِعَهُ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِي فِي أَيَّتِهِنَّ الْبَرَكَةُ. (رواه مسام)

“Apabila salah seorang dari kalian telah selesai makan, maka hendaklah dia menjilat jari-jarinya, karena dia tidak tahu di bagian mana dari tangannya keberkahan itu Allah letakkan,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim).

POINTERS:

1- Ambillah makanan dan minuman secukupnya, habiskan dan jangan sekali sekali mubazzir, menyisakan apalagi membuang makanan.

2- Allah akan murka pada orang yang membuang-buang makanan yang telah Allah anugerahkan, seolah MELECEHKAN pemberian Allah.

BACA JUGA: Anak adalah Amanah yang Akan Dipertanggung-jawabkan

3- Jangan juga mudah menyisakan air minum di gelas atau botol kemasan air. Habiskan, karena setan akan terhibur dan senang pada orang yang mubadzir, akan dipepet terus oleh setan untuk dijadikan teman karib dan saudaranya.

Ingatlah pada peringatan keras Allah SWT di Al-Quran:

ان المبذرين كانوا اخوان الشياطين. (سورة الاسراء ١٧ الاية ٢٧)

“SUNGGUH orang-orang yang Mubadzzir, orang-orang yang suka membuang buang rezeki, adalah teman dan SAUDARANYA setan,” (QS. Al-Israa [17]: 27).

4- Ingat janji Allah SWT:

واذ تاذن ربكم: لئن شكرتم لازيدنكم ولئن كفرتم ان عذابى لشديد. (ابراهيم ١٤ الاية ٧ )

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: ‘Sungguh, jikalah kamu bersyukur, niscaya pasti Aku akan menambahkan nikmatKu kepadamu, tetapi, jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka pasti azabKu sangat amatlah berat’,” (QS. Ibrahim [14]: 7).

BACA JUGA: Doa Pendek Tapi Mencakup

Menghabiskan makanan yang telah diambil dan tidak membuang buang minuman dan makanan. Bacalah “Basmalah” dan “Doa” sebelum makan, lalu ucapkanlah syukur dengan berdoa setelah makan. Ini adalah tanda BERSYUKUR, maka Allah pasti akan tambahkan lagi nikmat-Nya.

Namun, jika menyisakan lalu dibuang-buang, maka ini termasuk MENGINGKARI dan kufur nikmat, maka Allah akan mengadzab dan siksa Allah itu sungguh berat.

Perbanyaklah doa ini: “Yaa Allah, anugerahkan kami kemudahan dan kemampuan untuk selalu ingat pada-Mu, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada-Mu”.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

Allaahumma a’innaa ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here