Surga Darussalam

87

Oleh: Dea Guru H. Ahmad Nahid, M.Pd (Wakil Pengasuh dan Direktur Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Modern Internasional Dea Malela Sumbawa Indonesia)

Surga Darussalam, diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta`ala dari Yakut Merah. Kandidat penghuninya sesuai yang diterangkan pada QS. Al-An’am ayat 127, yaitu:

Orang-orang yang kuat iman dan islamnya, orang-orang yang memperhatikan ayat-ayat Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Allah Subhanahu Wa Ta`ala.

BACA JUGA:

Surga Ma’wa

Surga ‘Adn (Eden)

Surga Firdaus

Darussalam artinya rumah keselamatan dan akan menjadi tempat tinggal yang kekal bagi penghuninya. Yaitu orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, merenungkan tanda-tanda kebesaran-Nya, dan orang yang selalu mengakui kebesaran Allah.

Allah berfirman dalam surat Al An’am ayat 127:

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan”.

Darussalam adalah rumah keselamatan. Di mana Allah akan memberi keselamatan bagi pada penghuninya. Ayat yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Surat Yunus ayat 25:

وَاللّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلاَمِ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ -٢٥

“Allah menyeru (manusia) ke Dar as-Salam (surga) dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam),” (QS. Yunus: 25).

Surga ini menjadi tempat kembali orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat Allah, dan beramal saleh.

Wallahu a’lam bish shawab.

Mari istiqamah dalam beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here