5 Tempat Idaman Setan di Rumah, Usir dengan Ini!

5 Tempat Idaman Setan di Rumah, Usir dengan Ini!
Ilustrasi.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Jin yang berpenampilan Iblis dan Setan sangat aktif dan akan terus menggoda Manusia. Paling tidak, mereka suka ikut tinggal di tempat tinggal Manusia, terutama rumah yang sering terjadi pertengkaran, keributan dan kemaksiatan di dalamnya. TRUE STORY: Agar rumah tidak diganggu Jin, maka sering-seringlah bacakan Al-Quran di dalamnya, terutama Surah Al-Baqarah, surah ke-2. Rasuulullaah ﷺ bersabda:

ان الشيطان ينفر من البيت الذى تقرا فيه سورة البقرة. (رواه مسلم)

"Sungguh, setan akan menjauh dari rumah yang sering dibacakan Surah Al-Baqarah di dalamnya,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim). BACA JUGA: Habiskan 3 Bulan atau 4 Bulan 10 Hari Dahulu Boleh Menikah Lagi POINTERS: 1- Ada 5 tempat di dalam rumah yang disukai Jin atau setan bersembunyi, yaitu: a- Kasur yang disukai setan, adalah kasur yang terbentang lama tidak ditiduri. Rasuulullaah ﷺ bersabda: "Satu kasur tidur untuk laki-laki, 1 kasur untuk pasangan keluarga, kasur ke-3 untuk tamu, dan kasur ke-4 untuk Setan". Solusi agar kasur tidak digunakan Setan, maka: kasur yang tidak digunakan digulung saja, jangan digelar, dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran di atasnya setiap 2 atau 3 hari, serta setiap selesai digunakan dirapikan dan dibersihkan sambil membaca Ta'awudz dan Basmalah. b- Kamar mandi atau WC menjadi tempat yang sangat disukai Setan untuk bersembunyi. Setan yang suka di WC adalah jenis Setan yang sadis, ada Setan laki-laki dan ada Setan perempuan. Maka, Rasuulullaah ﷺ menganjurkan setiap akan masuk dan setiap setelah keluar WC/kamar mandi agar berdoa:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Allaahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khabaaitsi. “Sungguh, aku memohon perlindungan kepada-Mu yaa Allaah dari gangguan Setan laki-laki dan Setan perempuan.” BACA JUGA: 10 Modal Dasar Agar Anak Berbahagia dan Membahagiakan Orangtua Dan doa keluar dari WC:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii. “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Mu yaa Allaah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyehatkanku.” c- Setan juga suka bersembunyi di balik baju, pakaian yang tergantung di luar atau di dalam lemari dan jarang dipakai. Maka Rasuulullaah ﷺ menganjurkan agar berdoa setiap akan memakai pakaian dan setiap melepas pakaian. Doa memakai pakaian:

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ،  وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ  وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allaahumma innii as'aluka min khairiihi wa khairi ma huwa lahuu, wa a'udzu bika min syarrihii wa syarri ma huwa lahu. “Yaa Allaah, aku memohon kebaikan pakaian ini dan segala kebaikan yang akan menyertai pakaian ini. Dan aku memohon dijauhkan dari keburukan dari pakaian ini dan semua keburukan yang menyertai pakaian ini.” BACA JUGA: Tanamkan Pondasi Hidup Sehat dan Sukses Saat Kelahiran Bayi Ala Nabi Atau redaksi lain doa memakai pakaian:

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي كَسَانِي هٰذَا الثَوْبَ وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لَا قُوَّةَ

Alhamdu lillaahilladzii kasaanii hadzatsaubi wa razaqanii min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin. “Segala puja dan puji bagi Allaah yang telah Memberikan pakaian ini kepadaku, dan memberikan rezeki untukku tanpa upaya dan kekutan dariku.” Doa melepas pakaian:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa. “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia satu-satu-Nya.” d- Setan sangat menyukai bersembunyi di balik patung yang berbentuk orang atau patung berbentuk hewan. Rasuulullaah ﷺ bersabda menjelaskan bahwa Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang ada anjing dan ada Patung. Maka kalau memelihara anjing, cukup di luar rumah, jangan sampai anjing masuk rumah. e- Setan juga suka sekali berada di dapur, terutama dapur yang ada nyala api dan banyak tumpukan sampah, karena Setan terbuat dari api. Maka Rasuulullaah ﷺ bersabda menganjurkan kita berdoa, mohon perlindungan di setiap mau ke dapur dan di setiap mau menyalakan api, dan berdzikir selama berada di dapur. Minimal membaca TA'AWWUDZ (A'uudzu Billaahi Minasy syaithaanir Rajiim = Aku memohon perlindungan pada Allaah dari Setan yang terkutuk). BACA JUGA: Allah Sangat Murka Kepada Orang yang Suka Mencela 2- Setiap masuk rumah dan setiap akan makan jangan lupa baca BASMALAH agar setan pergi menjauh. Rasuulullaah ﷺ bersabda:

عن جابر بن عبد الله رضى الله عنهما قال سمعت رسول الله يقول: إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ. (رواه مسلم)

“Jika seseorang memasuki rumahnya dengan BASMALAH, menyebut nama Allaah, begitu pula saat ia akan makan, maka setan pun berkata kepada teman-temannya, “Kita tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika memasuki rumah tanpa BASMALAH, tanpa menyebut nama Allaah, setan pun mengatakan kepada teman-temannya, “kita dapat tempat untuk bermalam.” Ketika lupa menyebut nama Allaah saat makan, maka setan pun berkata, “Kita mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim no. 2018). 3- Setan sangat suka mendekat pada orang yang telanjang. Maka saat akan melepas semua pakaian, jangan sampai tidak mengucapkan BASMALAH dan TA'AWWUDZ seraya memohon dilindungi Allaah dari gangguan Iblis dan Setan. Rasuulullaah ﷺ bersabda:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ: إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلَاءَ، أَنْ يَقُولَ: بِسْمِ الله

"Penghalang antara pandangan Jin dan aurat Manusia adalah saat seseorang melepas pakaiannya dengan mengucapkan 'Bismillaah' (Dengan nama Allaah aku melepas pakaian),” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam AtTirmidzi). Penutup, mari kita berdoa: Yaa Allaah, kami memohon lindungi kami dari semua kesulitan, penyakit, musibah dan gagguan jin, iblis dan setan. Yaa Allaah bimbinglah kami untuk selalu eling mengingat-Mu yaa Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya:

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك