Sunnah Rasul: Minum yang Hangat, Jangan yang Panas

Sunnah Rasul: Minum yang Hangat, Jangan yang Panas
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Salah satu Sunnah Rasul adalah tidak minum dan makan yang sedang panas mendidih. Yang Sunnah, sehat dan menyehatkan adalah minum dan makan yang hangat dan tidak terlalu dingin. TRUE STORY: 1- Rasuulullaah ﷺ melarang umatnya meminum air panas, dan disunnahkan minum yang hangat. Hadits Sahih diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dalam Kitab Musnadnya:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يكره شرب الحميم. (مسند احمد)

"Rasuulullaah ﷺ tidak suka meminum yang panas". BACA JUGA: Cepat atau Lambat, Kaffaarat Itu Akan Terjadi 2- Rasuulullaah ﷺ juga melarang umatnya minum sambil bernafas ke dalam gelas. 3- Rasuulullah ﷺ juga melarang minum sekali teguk, tapi bertahap dengan 3 tegukan. 4- Rasulullaah ﷺ juga melarang minum berdiri.

لايشربن احدكم قاءما

"Jangan sekali sekali minum sambil berdiri". 5- Rasulullaah ﷺ juga melarang umatnya meniup-niup minuman dan makanan agar dingin. Jika ingin mendinginkan minuman atau makanan, jangan ditiup, tapi dikipas-kipas dengan menggunakan alat. 6- Rasuulullaah ﷺ juga melarang umatnya minum dengan tangan kiri. BACA JUGA: Setiap Bangun Pagi, Lakukan Sunnah Nabi Ini 7- Rasuulullaah ﷺ bersabda:

إِذَا شَرِبَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَتَنَفَّسْ فِي الأِناَءِ، وَأِذَا أَتَى اخَلَاءَ فَلَا يَمَسَّ ذَكَرَهُ .(رواه البخارى)

"Apabila kalian sedang minum, jangan bernapas ke dalam gelas, dan ketika buang hajat jangan menyentuh kemaluan dengan tangan kanan," (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari). Sahabat Ibnu Abbas RA menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

عن ابن عباس رضى الله عنه: أَنَّ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يُتَنَفَّسَ فِي الْإِنَاءِ أَوْ يُنْفَخَ فِيهِ

"Nabi ﷺ melarang bernapas ke dalam gelas atau meniup niup isi gelas," (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ahmad dan At-Tirmidzi). BACA JUGA: Pahala Puasa Akan Tergerus Oleh Gosip dan Buruk SangkaPOINTERS: 1- Jadikanlah minum dan makan sebagai ibadah bukan sekedar pelepas dahaga dan lapar dengan meniru cara Rasuulullaah ﷺ minum dan makan. 2- Afdhalnya, bukan munuman panas mendidih saja yang tidak baik, tetapi termasuklah makanan

شربة ومرغ

"syurbah dan maragh" yaitu sop dan kuah kuah. Penutup, mari kita berdoa: Yaa Allaah, anugerahi kami kemampuan dan kemudahan untuk selalu menjalankan sunnah-sunnah Rasul-Mu, dan menjauhi apa-apa yang dilarangnya. Yaa Allaah bimbing kami untuk selalu eling mengingat-Mu yaa Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya hanya kepada-Mu.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك