Ibadah Kita Selama Ramadhan Telah Terekam Sempurna

Ibadah Kita Selama Ramadhan Telah Terekam Sempurna
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Alhamdulillaah, segala puja dan puji kita panjatkan kepada Allaah SWT Yang telah memberi kita kesempatan dan kemampuan untuk menjalankan ibadah ibadah di Bulan Ramadhan tahun ini. Semoga Allaah menerimanya. Allaah SWT Mempunya CCTV yang setiap detik merekam dan mencatat semua ibadah yang kita lakukan, demikian juga dosa dan semua prilaku kita orang perorang. BACA JUGA: Sejahat, Senakal, Sebejat Apapun, Jangan Sampai Tidak Bersujud kepada AllahTRUE STORY: 1- Adalah dua malaikat, yaitu Malaikat Raqiib dan Malaikat 'Attid terus mencatat dan merekam kebaikan, sedang 'Atiid mencatat dan merekam perbuatan buruk. 2- Selain kedua malaikat ini, adalagi malaikat-malaikat lain yang juga mengawasi kita semua yang secara rutin mereka aplusan setiap waktu Subuh dan waktu Ashar. Allaah SWT berfirman:

إِنَّ رَبَّكَ لَبِٱلۡمِرۡصَادِ

"Sungguh Tuhanmu benar benar selalu mengawasi," (QS. Al-Fajr, surah ke-89, ayat 14, halaman 593). BACA JUGA: Menyucikan Diri dengan Shalat Tasbih 3- Rasuulullaah SAW bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  يتعاقبون فيكم ..ملائكة بالليل وملائكة بالنهار  ويجتمعون في صلاة الفجر وصلاة العصر ثم يعرج الذين باتوا فيكم فيسألهم (وهو أعلم بهم )كيف تركتم عبادي ؟ فيقولون تركناهم وهم يصلون وأتيناهم وهم يصلون. (صحيح البخاري)

"Malaikat Malam dan Malaikat Siang silih berganti mengawasi Engkau Semua. Para Malaikat ini akan bertemu di waktu Subuh dan di waktu Ashar. Kemudian para Malaikat Pengawas ini usai bertugas, mereka naik ke Langit menghadap Allaah melapor. Allaah SWT bertanya (meski Allaah Maha Mengetahui segalanya) "Bagaimana keadaan HambaKu saat engkau tinggalkan mereka?" Para Malaikat menjawab: "Saat kami tinggalkan, mereka sedang Shalat, dan saat kami datang, mereka juga sedang Shalat," (Hadis Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari). POINTERS: 1- Berbahagialah mereka yang telah MENGISI Ramadhan dengan bacaan Al Quran, Shalat, I'tikaf, sedekah dan amal shalih lainnya. Rekamannya indah sekali. 2- Sungguh celaka dan merugi mereka yang nakal, bergunjing, naniimah, ghiibah, fitnah, adudomba, nyinyir dan menebar kebencian. BACA JUGA: 1 Malam yang Bernilai 1.000 Bulan Lebih Al-Quran menegaskan:

وان عليكم لخافظين كراما كاتبين يعلمون ما تفعلون .الانفطار ١٠ - ١٢

"Dan sungguh ada Malaikat malaikat yang mengawasi, jujur mulia dan mencatat, mereka mengetahui apa apa yang Engkau lakukan," (QS. Al-Infithaar, surah ke-82 Ayat 10-12, halaman 587). 3- Hiduplah seolah engkau melihat Tuhan, jikapun engkau tidak mampu melihat Tuhan, maka yakinilah bahwa Tuhan melihatmu".

واعبد ربك كانك تراه. وان لم تكن تراه فانه يراك

“Sembahlah Tuhanmu, seolah engkau melihatNya. Jika engkau tidak mampu melihat Tuhan, yakinlah bahwa Tuhan melihatmu". 4- Semoga Allaah SWT Menerima semua amal ibadah kita dan mempertemukan kita Ramadhan yang akan datang.

اللهم بلغنا رمضان القادم

Penutup, mari kita berdoa: Yaa Allaah, anugerahi kami umur panjang sehingga kami bisa bertemu lagi dengan bulan-bulan Ramadhan mendatang. Yaa Allaah bimbing kami untuk selalu eling mengingat-Mu yaa Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya hanya kepada-Mu yaa Allaah;

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك