Boleh Umumkan Infak dan Sedekah untuk Memancing yang Lain

Boleh Umumkan Infak dan Sedekah untuk Memancing yang Lain
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Berinfak, bersedekah, berzakat dan menyumbang adalah anjuran agama yang berulang ulang disebutkan dalam Al-Quran. Begitu pentingnya, soal infak, sedekah, dan zakat ini, maka perintahnya diulang berpuluh puluh kali. Timbul pertanyaan: Bersedekah, berinfak atau menyumbang dan berzakat, apakah boleh terang terangan? Apakah boleh mengumumkan atau menampakkan sampai menyebutkan nama segala? BACA JUGA: Pedulilah kepada Orangtua Meski Mereka Telah Tiada Jawabannya, mari kita lihat Firman Allah SWT dalam Al-Quran, Surah Al-Baqarah ayat 271:

ان تبدوا الصدقات فنعما هى وان تخفوها وتؤتوها الفقراء فهو خير لكم ويكفر عنكم من سيئاتكم والله بما تعملون خبير (البقرة ٢ الاية ٢٧١ )

“Jika kamu MENAMPAKKAN sedekah sedekahmu ( dengan tujuan agar DICONTOH oleh orang lain, bukan untuk riya), maka itu BAIK. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang orang Fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan kesalahan mu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan". TRUE STORIES: 1- Rasulullah ﷺ sering memceritakan bahkan menyebut nama isteri beliau, Sitti Khadijah RA yang suka menginfakkan hartanya di jalan Allah. 2- Rasulullah ﷺ sering menyebut nama-nama para Sahabat yang suka menyumbangkan hartanya untuk perjuangan dakwah Islam. BACA JUGA: Tidur yang TenangPOINTERS: 1- Boleh mengumumkan nama penyumbang dan jumlah sumbangannya. 2- Inisiatif menyebut atau mengumumkan nama penyumbang adalah dari orang lain. 3- Kecuali orang yang berinfak, bersedekah itu meminta agar namanya TIDAK DISEBUTKAN khawatir ada rasa riya, maka jangan diumumkan. 4- Sering-seringlah berinfak, bersedekah. Karena infak sedekah, inilah yang kelak bisa membahagiakan di dalam kubur. 5- Sedekah, infak, wasilah Allah mengampuni dosa-dosa dan mempercepat kesembuhan dan memperkokoh silaturrahim. 6- Sungguh, Allah telah menegaskan bahwa manusia yang telah meninggal pasti sangat menyesal dan akan memohon kematiannya ditunda beberapa saat agar ia bisa bersedekah. Semoga Allah SWT menjadikan kita orang-orang yang suka bersedekah dan peduli sesama. Aamiin Yaa Allah. Wallahu a’lam bish shawab.