Qailulah Lah

383

Oleh: H. Winarto AR bin Darmoredjo (Majelis Dakwah Edwin Az-Zahra)

Dalam sebuah riwayat, pada musim dingin Rasulullah ﷺ tidur setelah Zhuhur, sedangkan saat musim panas Rasulullah ﷺ tidur sebelum Zhuhur. Rasulullah ﷺ bersabda, “Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang,” (HR. Abu Nu’aim).

***

BACA JUGA: Jadi Pemimpin, Ambillah Teladan yang Bagus

SETIAP saat setan selalu berkeliaran di sekitar kita. Ya, memang dia hanya akan jadi pengecoh dalam hidup. Sehingga, kita akan terjerumus pada jalan yang salah karena hasutannya.

Bahkan, dalam setiap amalan baik pun, ia selalu ikut andil agar kita melakukan kesalahan. Termasuk juga tidur siang.

Tapi ternyata ada satu amalan yang tak bisa dilakukan oleh setan lho! Apa ya? Ya itu tadi, tidur siang.

Amalan itu adalah Qailullah atau istirahat atau tidur siang. Ya, setan tak bisa ikut serta untuk melakukan amalan ini dan menganggu kita. Selain itu, aktivitas ini juga bermanfaat jika dilihat dari sisi kesehatan.

BACA JUGA: Banyak Orang Kena Prank, Pahalanya Zonk!

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Sahl bin Sa’d berkata, “Tidaklah kami qailulah (tidur siang) dan makan siang kecuali setelah shalat Jumat,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Wabasysyiril mukminiin…

 


#Apakah engkau suka hatimu menjadi lembut dan mendapatkan hajatmu (keperluanmu)? Rahmatilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berikanlah makan kepadanya dari rezekimu, niscaya hatimu menjadi lembut dan niscaya kamu akan mendapatkan hajatmu.” (HR. ‘Abdurrazaq).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here