Neraka Huthamah

89

Oleh: Dea Guru H. Ahmad Nahid, M.Pd (Wakil Pengasuh dan Direktur Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Modern Internasional Dea Malela Sumbawa Indonesia)

Dari tujuh tingkatan neraka, salah satunya adalah Neraka Huthamah yang dijelaskan dalam surat al-Humazah adalah api dinyalakan dan disediakan Allah yang bisa membakar sampai ke hati.

Para calon penghuni Neraka Huthamah, berbeda dengan yang lainnya yakni di antaranya adalah bagi mereka yang suka mengumpat atau Gibah.

BACA JUGA:

Neraka Saqar

Neraka Jahannam

Neraka

Calon penghuni neraka ini adalah orang yang suka mengumpat atau gibah, orang yang gemar mengadu domba atau namimah, dan orang yang terpedaya dengan harta kekayaannya.

Mereka mengira bahwa harta akan membuat kekal di dunia, padahal hanya perhiasan dunia. Kecuali, harta yang diinfakkan di jalan Allah yang bermanfaat, yang akan menolong diri mereka selain keimanan dan amalan saleh.

Neraka ini disebut dua kali dalam Al-Quran, tepatnya pada surat Al-Humazah ayat 4-7 yang menerangkan tentang Neraka Al-Hutamah. Dua ayat di dalamnya menyebut kata Al-Hutamah.

كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ * وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ * نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ * الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَ

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (naik) sampai ke hati,” (QS Al-Humazah 4-7).

BACA JUGA: Shirathal Mustaqim

Allah SWT telah menjelaskan bahwa Neraka Huthamah adalah api Allah yang membara. Ibnu Faris memaparkan secara bahasa bahwa huruf ‘Ha’, ‘Tha’, dan ‘Mim’ adalah satu asal, dan ini bentuk penghancuran sesuatu.

Disebut Hutamah karena untuk menghancurkan sesuatu menjadi beberapa bagian. “Api itu disebut sebagai api yang memecah-belah karena apa yang dikenainya akan hancur,”.

Wallahu a’lam bish shawab.

Mari istiqomah dalam beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here