Neraka Saqar

105

Oleh: Dea Guru H. Ahmad Nahid, M.Pd (Wakil Pengasuh dan Direktur Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Modern Internasional Dea Malela Sumbawa Indonesia)

Neraka saqar adalah neraka yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak melaksanakan shalat. Orang yang masuk tingkatan neraka ini, semasa hidupnya enggan menyembah Allah Swt dan tidak mengimani Rasulullah ﷺ.

Gambaran tentang neraka saqar telah dijelaskan dalam Surat Al-Mudatsir secara lengkap.

Neraka saqar memiliki dasar yang sangat dalam. Al-Quran mendefinisikannya sebagai neraka yang panasnya sangat membakar, sehingga kulit penghuninya menjadi hangus.

Al-Quran dengan tegas menyebutkan bahwa orang-orang yang sombong dan mendustakan Al-Quran, yang menganggap Al-Quran sebagai sihir dan hasil perkataan manusia, kelak akan menghuni neraka saqar. Allah Swt berfirman:

BACA JUGA: Neraka Jahannam

“Kemudian ia berpaling (dari kebenaran) dan menyombongkan diri. Lalu ia berkata, “(Al-Quran) ini tidak lain hanyalah sihir yang dipelajari (dari orang-orang dahulu). Ini tidak lain hanyalah perkataan manusia.” Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu. Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga),” (QS. Al-Mudatsir: 23-30).

Calon penghuni neraka saqar berikutnya adalah mereka yang suka meninggalkan shalat. Mereka enggan memberi makan fakir miskin, senang membicarakan keburukan, dan tidak percaya akan keberadaan hari pembalasan. Penjelasan ini ditegaskan dalam firman Allah sebagai berikut:

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat. Selain tidak pernah sholat, Allah SWT menyiapkan nereka saqar bagi mereka yang tidak pernah memberi makan orang miskin, membicarakan keburukan, dan tidak percaya hari pembalasan,” (QS. Al-Mudatsir: 42-46).

BACA JUGA: Neraka

Neraka saqar mampu membakar kulit manusia. Siksaan di dalamnya amat pedih, sebagaimana difirmankan Allah Swt dalam Surat Al-Mudatsir ayat 26-29.

Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Sagar. Tahukah kamu apakah (neraka) Sagar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.”

Menurut ulama salaf, api neraka saqar mampu membakar otak, daging, dan tulang manusia. Muhammad bin Ka’ab al-Qurazhi mengatakan, “Api melahap orang itu sampai ke jantungnya. Apabila api telah mencapai jantungnya, maka tubuhnya dipulihkan kembali.”

Dari Tsabit al-Bunani bahwa ia menceritakan ayat ini kemudian berkata, “Api membakar mereka sampai ke jantung dalam keadaan hidupl. Mereka benar-benar merasa tersiksa”. Mengingat siksaan yang amat pedih tersebut, Tsabit pun menangis.

Pada hari kiamat kelak, sebagai umat manusia yang tidak mematuhi perintah Allah akan ditempatkan di Neraka Saqar. Di neraka yang luas ini, Allah menugaskan 19 malaikatnya.

Wallahu a’lam bish shawab.

Mari istiqomah dalam beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here