Dianjurkan Memperbanyak Amal Shalih di Bulan Rajab

25

Oleh: KH. Abdul Ghoni (Lembaga Dawah Parmusi)

عن أَبي بَكْرَةَ نُفَيْعِ بنِ الحارثِ رضي الله عنه أنَّ النَّبيِّ ﷺ خَطَب في حجَّتِه، فقالَ: إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Dari Abu Bakroh Nufai’ bin Al-Haris radhiyallah ‘anhu, sesungguhnya Nabi ﷺ bersabda pada hajji wada’:

“Sesungguhnya zaman telah beredar sebagaimana yang ditentukan semenjak Allah menciptakan langit dan bumi.Dalam setahun terdapat dua belas bulan. Darinya terdapat empat bulan haram; tiga bulan diantaranya berurutan, (keempat bulan haram itu adalah) Dzulqa’dah, Dzulhijjah Muharram dan Rajab bulan Mudhar yang berada diantara Jumada (Akhirah) dan Sya’ban,” (HR. Bukhori dan Muslim).

BACA JUGA: Mintalah Pertolongan kepada Allah

Pelajaran yang terdapat di dalam hadits

1- Bulan Rajab adalah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan di Al-Quran. Posisinya memisah dari tiga saudaranya sehingga lebih menarik perhatian. Perbanyak amal shalih di bulan Rajab;

2- Dosa atas maksiat di bulan Rajab – salah satu dari empat bulan haram- lebih besar. Sepadan dengan itu, pahala atas ketaatan juga lebih. Ini berlaku secara umum terhadap amal-amal shalih, seperti umrah, shalat sunnah, puasa, sedekah, tilawah, istighfar, dzikir, dan semisalnya.

Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu berkata,

وجعل الذنب فيهن أعظم، والعمل الصالح والأجر أعظم

“Dan Allah menjadikan dosa di empat bulan haram itu lebih besar, dan (begitu juga) amal shalih lebih besar pahalanya.”

BACA JUGA: Ikatan Iman yang Paling Kokoh

3- Hanya saja, jangan sampai menghususkan jenis-jenis amal tertentu dengan keutamaan tertentu kecuali dengan dalil shahih. Dan keterangan mayoritas ulama, tidak ada amalan khusus dari sisi jenis dan keutamaan di bulan Rajab ini.

4- Jangan sampai menghususkan jenis-jenis amal tertentu dengan keutamaan tertentu kecuali dengan dalil shahih.

Tema hadits yang berkaitan dengan Al-Quran:

– Keterangan sejumlah mufassirin, kemasiatan tetap diharamkan di semua bulan sepanjang tahun. Hanya saja larangannya di bulan-bulan haram ini lebih kuat. Berarti dosanya lebih besar. Sebaliknya, amal shalih di dalamnya juga diganjar lebih besar.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu,” (QS. Al-Taubah: 36).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here