FLEI EXPO 2024, Dorong Pertumbuhan Industri Waralaba dan Lisensi

FLEI EXPO 2024, Dorong Pertumbuhan Industri Waralaba dan Lisensi

Jakarta, Muslim Obsession -Franchise &License Expo Indonesia (FLEI) telah resmi dibuka pada Jumat, (10/5/2024). Acara ini akan berlangsung hingga 12 Mei 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran, dengan tujuan mendorong pertumbuhan industri waralaba dan lisensi.

Edisi ke-22 FLEI mengangkat tema "Connecting Business", dengan maksud untuk memperkuat hubungan bisnis dan menciptakan peluang baru di tengah perubahan pasar yang dinamis.

Menurut Royanto Handaya, Presiden Direktur Panorama Media sebagai penyelenggara, menyampaikan bahwa pameran ini merupakan platform penting bagi pelaku bisnis untuk menemukan peluang, menjalin kerjasama, dan memperluas jejaring.

Pada kesempatan yang sama, Isy Karim, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, menambahkan bahwa industri waralaba di Indonesia tumbuh dengan pesat dan semakin populer. Menurutnya, respons positif masyarakat terhadap industri waralaba menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Isy Karim juga menyatakan komitmen untuk meningkatkan regulasi STPW (surat tanda pendaftaran waralaba) guna mendukung pertumbuhan dan inovasi industri waralaba di tingkat global.

Tujuan kebijakan ini adalah untuk memperkuat kolaborasi lintas sektor dan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, memberikan kesempatan bagi UKM untuk berkembang, serta meningkatkan profesionalisme dan standardisasi industri waralaba di Indonesia.

Juan Permata Adoe, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN, menyoroti pentingnya iklim ekonomi yang mendukung upaya memperluas pasar dan meningkatkan standar operasional, dengan harapan mengarahkan industri waralaba Indonesia ke arah yang lebih profesional dan terstandardisasi.

Pameran FLEI mempersembahkan merek-merek waralaba dari berbagai industri dengan tujuan membantu para profesional memperluas jaringan bisnis, memahami tren terkini, dan mengeksplorasi skema kemitraan dari waralaba hingga kolaborasi strategis.

Selain pameran, expo ini juga menawarkan serangkaian konferensi bisnis, memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi langsung dengan para ahli di bidang manajemen, keuangan, pemasaran, dan operasional.