Setiap Bangun Pagi, Lakukan Sunnah Nabi Ini

Setiap Bangun Pagi, Lakukan Sunnah Nabi Ini
Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University) Rasuulullaah SAW adalah panutan kita. Maka, apa yang disunnahkan oleh Rasuulullaah mestinya harus kita amalkan agar kita hidup lebih sehat, taqwa, tenang, damai dan surgapun menanti kita. TRUE STORY: Salah satu Sunnah Rasul yang mesti kita amalkan adalah AL-ISTINTSAAR (الاستنثار), yaitu menghirup air ke dalam hidung lalu dikeluarkan, ulangi 3 kali. Rasuulullaah SAW bersabda:

إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ مَنَامِهِ فَلْيَسْتَنْثِرْ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَبِيتُ عَلَى خَيَاشِيمِهِ. (حديث صحيح متفق عليه)

"Apabila bangun dari tidur, maka hendaklah ber ISTINTSAAR tiga kali. Sungguh, Setan itu bermalam di dalam lubang hidung,” (Hadits Sahih Muttafaqun 'Alaihi, Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim). BACA JUGA: Pahala Puasa Akan Tergerus Oleh Gosip dan Buruk SangkaPOINTERS: 1- Setiap bangun pagi, duduklah sejenak, jangan langsung berdiri, dan berdoalah. Baca doa bangun tidur ini berdasarkan Hadist Sahih riwayah Al-Imam Al-Bukhari:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdu llillaahilladzii ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur. “Segala puja dan puji hanya kepada Allaah, Yang telah Membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dikembalikan kelak". Dan afdhalnya dilanjutkan lagi dengan doa ini, berdasarkan Hadist Sahih riwayah Al-Imam At-Tirmidzi:

 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdu llillaahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa radda 'alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikrihi. "Segala puja dan puji hanya kepada Allaah yang telah menganugerahkan kesehatan kepadaku dan telah mengembalikan nyawa dan ruhku serta mengizinkan aku untuk berdzikir mengingat Nya". BACA JUGA: Menjadi Lebih Baik Setelah Ramadhan Dan LEBIH AFDHAL LAGI jika ditambahkan membaca Doa ini berdasarkan Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari:

لا إله إلا الله, وحده لا شريك له, له الملك وله الحمد, وهو على كل شيء قدير، الحمد لله, وسبحان الله, ولا إله إلا الله, والله أكبر, ولا حول ولا قوة إلا بالله. اللهم اغفر لي

Laa ilaaha illallaahuu wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa 'alaa kulli syai-in qodiir. Alhamdulillaah, wa Subhaanallaah, wa laa ilaaha illallaahuu wallaahu Akbar, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Allaahummaghfir lii. "Tidak ada Tuhan selain Allaah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. Milik Nyalah semua kerajaan dan pujian. Dia adalah Maha Kuasa atas segala galanya. Segala puja dan puji hanya kepada Allaah, Maha Suci Allaah, tidak ada Tuhan selain Allaah. Allaah Maha Besar, tidak ada daya, upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allaah. Yaa Allaah, ampunilah dosa dosaku" 2- Setelah itu, barulah bangkit dari tempat tidur dan pergilah ke kamar mandi, berwudhu.  Dalam berwudhu itulah BERINSTINTSAAR 3 kali, memasukkan air ke dalam hidung dan dibuang. Ulangi hal ini 3 kali. BACA JUGA: Kita Lanjut Puasa Lagi Agar Allah Semakin Sayang 3- Selain memang untuk membersihkan hidung dari kotoran yang tampak mata, ISTINTSAAR juga membersihkan hidung dari hal-hal yang bersifat ghoib. 4- Mulai sekarang, jangan lagi ada hari berlalu tanpa upaya mengusir gangguan Setan dari tubuh kita dengan berISTINTSAAR. 5- Bagi yang sering merasa terganggu oleh hal-hal ghoib, maka seringlah berwudhu lengkap dengan Istintsaar. Setiap wudhu batal, langsung berwudhu lagi meskipun bukan waktu Shalat. Jadi selalu dalam keadaan suci, punya wudhu. Maka Allaah SWT akan Menjauhkan dari hal hal buruk. Penutup, mari kita berdoa: Yaa Allaah, lindungi kami dan jauhkan kami dari gangguan Setan. Yaa Allaah, membimbing kami untuk selalu eling mengingat-Mu yaa Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك