Muslim LifeFair 2024 Kembali Hadir untuk Sinergi Kebangkitan Ekonomi Syariah

502

Jakarta, Muslim Obsession – Muslim Life Fair (Mufair) 2024 resmi dibuka pada Jumat (8/3/2024) di Hall B3 Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta.

Bertajuk Pesta Keluarga Muslim, Muslim Lifefair tahun ini menjadi kick off dari rangkaian event National Halal Fair 2024, event akbar dari Komite Nasional Keuangan dan Ekonomi Syariah (KNEKS) yang diselenggarakan secara serentak di 12 provinsi selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

National Halal Fair rutin digelar setiap tahun sebagai wadah aktualiasasi, literasi, sekaligus integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) di Indonesia.

Rangkaian event halal yang rutin digelar KNEKS dan konsistensi Muslim Lifefair sejak 2022 juga bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah.

Berdasarkan survei Bank Indonesia tahun 2022, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional baru mencapai 23,3%. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan indeks pada 2019 yang mendapatkan perolehan sebesar 16,3%.

Namun sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbanyak di dunia, sayangnya angka indeks yang telah dicapai Indonesia belum berada di angka ideal. Jumlah ini masih jauh dari yang ditargetkan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin yakni sebesar 50%.

Sementara Indonesia Halal Market Report (IMHR) 2021/2022 mencatat bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menambah US$5,1 miliar atau lebih dari Rp75 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor industri halal.

Dengan bergairahnya perkembangan produk halal di tanah air, Bank Indonesia mendorong penguatan fondasi ekonomi dan keuangan syariah pada 4 program utama, salah satunya adalah penguatan industri syariah melalui sektor unggulan seperti sektor makanan dan minuman halal serta busana muslim.

Hadirnya Muslim Life Fair 2024 yang menjadi bagian dari National Halal Fair, tak bisa dipungkiri turut berperan dalam mendukung perkembangan ekonomi syariah dan industri halal tanah air.

Terlebih, Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia akan mencapai 4,7%-5,5%, selaras dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi juga akan tumbuh pada kisaran yang sama.

Dalam sambutannya, Plt Direktur Eksekutif, Manajemen Eksekutif, KNEKS, Dr. Taufik Hidayat mengatakan, Muslim Lifefair yang menjadi kick off National Halal Fair 2024 diharapkan semakin meningkatkan eskalasi pertumbuhan bisnis di sektor UMKM halal dan memperluas kolaborasi untuk membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pendayagunaan UMKM dan mempererat silarurahim di bulan suci Ramadhan.

“Muslim Lifefair dalam rangkaian National Halal Fair 2024 menjadi sarana strategis untuk meningkatkan image, pemasaran dan visibilitas produk halal sehingga literasi masyarakat mengenai penerapan ekonomi syariah juga meningkat,” tuturnya.

Lima Events sebagai penyelenggara Muslim Lifefair menyuguhkan program-program spesial dan terbaru yang dikemas kreatif untuk lebih menggairahkan semangat keluarga muslim dalam mengoptimalkan bulan Ramadhan sebagai momen meningkatkan spiritualitas dalam mendidik generasi yang Qurrota A’yun dan meningkatkan kepedulian sosial.

Dalam rangka melahirkan generasi keluarga Islami yang menjalankan hidup sesuai tuntunan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, Muslim Life Fair 2024 ‘Pesta Keluarga Muslim’ menampilkan serangkaian acara inspiratif seputar keluarga, parenting bahkan bisnis Islami.

Sejumlah narasumber ahli yang terdiri dari psikolog, akademisi, entrepreneur muslimah, artis dan tokoh agama siap berbagi ilmu dan pengalaman di parenting class, talkshow dan sharing session.

Bagi keluarga yang membawa anak tak perlu khawatir. Sebagai event keluarga, Mufair 2024 ramah anak karena menyediakan sejumlah wahana menghibur nan edukatif seperti playground yang menyajikan sejumlah kelas eksperimen dan story telling. Selain itu terdapat pula lomba MHQ (Musabaqoh Hifdzil Quran) yang menawarkan hadiah menarik.

Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Rachmat Sutarnas Marpaung optimis sebanyak 30 ribu pengunjung bakal memadati area pameran yang berlangsung selama 3 hari ini.

Untuk diketahui, National Halal Fair adalah rangkaian event halal yang rutin diselenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Kegiatan ini merupakan kampanye (campaign) nasional dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah, khususnya pada sektor UMKM halal, mendukung UMKM dalam pemasaran produk sekaligus membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya selama bulan Ramadhan.

National Halal Fair menjadi sarana untuk menyinergikan agenda Ramadhan daerah guna mendukung literasi ekonomi syariah.Tahun 2024, National Halal Fair diselenggarakan secara serentak di 12 provinsi Indonesia, yaitu Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Jawa Tengah, Jambi, Aceh, danKalimantan Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here