Beruntunglah Penghuni Rumah yang Sering Kedatangan Tamu

2480
Ilustrasi: Menerima tamu.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Berbahagialah, jika ada sahabat dan teman yang rela bertamu ke rumahmu, karena dengan cara ini, Allah SWT ingin mengurangi “potensi musibah” di rumahmu dan sekaligus Allah mendatangkan Malaikat Rahmat-Nya ke rumahmu.

TRUE STORY:

1- Rasulullah ﷺ menunjukkan bagaimana hebatnya rumah yang sering kedatangan tamu dan tuan rumah ikhlas memuliakan tamunya:

“Seorang perempuan datang mengeluh kepada Rasulullah ﷺ, karena suaminya suka mengundang orang datang makan makan ke rumahnya. Perempuan itu, keluar meninggalkan tempat Rasulullah ﷺ dan tidak mendapatkan jawaban apa apa dari Rasulullah ﷺ.

Setelah beberapa waktu berlalu, Rasulullah ﷺ ingin pergi bertamu ke rumah suami-istri itu. Rasulullah ﷺ bersabda kepada sang suami: “Sungguh, aku adalah tamu di rumahmu hari ini.”

BACA JUGA: Berdoa Agar Hujan Menjadi Berkah, Bukan Pembawa Bencana

Betapa bahagianya sang suami mendengar ucapan Rasulullah ﷺ yang akan bertamu ke rumahnya. Istri juga bahagia menerima kabar akan kedatangan Rasulullah ﷺ. Isteri segera memasak dan mempersiapkan hidangan yang terbaik. Dia lakukan ini dengan penuh rasa bahagia dan gembira.

Ketika Rasulullah ﷺ akan pergi dari rumahnya setelah beliau mendapatkan sambutan hangat penuh keramahan dan penghormatan, Rasulullah bersabda kepada suaminya: “Nanti ketika aku akan keluar dari rumahmu, panggil istrimu dan mintalah dia untuk melihat ke pintu tempat aku keluar.”

Waktu Istri melihat Rasulullah keluar dari rumahnya, terlihatlah diikuti oleh binatang melata, seperti kalajengking dan berbagai binatang yang berbahaya lainnya di belakang Rasulullah ﷺ. Istri kaget luar biasa, heran sejadi jadinya dengan apa yang dia lihat.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Seperti itulah yang terjadi. Setiap kali tamu keluar dari rumahmu, maka keluar pula segala bala’, bahaya dan segala binatang yang berbahaya dari rumahmu.”

BACA JUGA: Segera Kerjakan Ketika Ingat

2- Wasiat Rasulullah ﷺ kepada Ali bin Abi Thalib RA:

يَا عَلِيُّ، اُطْلُبُ الْخَيْرَ عِنْدَ صَبَاحِ الْوُجُوْهِ وَأَكْرِمِ الضَّيْفَ فَإِنَّهُ إِذَا نَزَلَ بِقَوْمٍ نَزَلَ مَعَهُ رِزْقُهُ وَإِذَا ارْتَحَلَ اِرْتَحَلَ بِذُنُوْبِ أَهْلِ الْمَنْزِلِ فَيُلْقِيْهَا فِي الْبَحْرِ

“Wahai Ali, carilah kebaikan dan bantuan, pertolongan, pada orang yang cerah wajahnya, dan muliakanlah tamu. Sungguh, ketika ada tamu yang singgah di suatu kaum, maka singgah pulalah di kaum itu Rezeki. Dan ketika tamu itu pergi, maka ia pergi dengan membawa dosa-dosa penghuni rumah yang ditinggalkan, dan Allah membuang dosa-dosa dari kaum itu ke lautan.”

3- Kedatangan tamu menjadi sebab turunnya Malaikat Rahmat. Dan rumah yang tidak pernah dimasuki tamu tidak pula dimasuki Malaikat Rahmat.

يَا عَلِيُّ، لَمْ تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيْهِ تُصَاوِيْرُ أَوْ تَمَاثِيْلُ أَوْ عَاقٌّ لِوَالِدَيْهِ أَوْ بَيْتٌ لَا يَدْخُلُهُ ضَيْفٌ

“Wahai Ali, tidak akan masuk Malaikat Rahmat ke rumah yang di dalam rumah itu ada patung atau berhala sesembahan, atau ada anak yang durhaka pada orang tuanya, atau rumah itu tidak pernah dimasuki tamu.”

(Ref:Kitab Wasiyat Al-Musthafaa oleh Syekh Abdul Wahab Bin Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Musa Asy Sya’rani Al-Anshaari Asy Syaafi’i Asy Syadzili Al-Mishri /Al-Imam Asy Sya’raani).

BACA JUGA:Gunakan Kalimat yang Tegas Saat Berdoa

POINTERS:

1- Rumah yang banyak dikunjungi tamu adalah rumah yang dicintai Allah SWT.

2- Begitu indahnya rumah yang selalu terbuka untuk anak kecil atau dewasa. Rumah yang di dalamnya turun rahmat dan berbagai keberkahan dari Langit.

3- Rasulullah ﷺ bersabda: “Jika Allah Menginginkan kebaikan terhadap satu Ummat, maka Allah SWT akan Memberikan hadiah kepada mereka.

Para Sahabat bertanya: “Hadiah apakah itu, yaa Rasulallah?” Rasulullah ﷺ bersabda: “Tamu akan menyebabkan turunnya rezeki untuk pemilik rumah dan menghapus dosa-dosa penghuni rumah.”

4- Rasulullah ﷺ juga bersabda: “Rumah yang tidak dimasuki tamu, Malaikat Rahmat tidak akan masuk ke dalamnya.”

BACA JUGA: Utamakan yang Putih

5- Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang beriman pada Allah dan Hari Akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.”

6- Memulikan tamu yang datang ke rumah, Allah menganugerahi pahala “Silatur Rahim” berupa murah rezeki dan panjang umur.

Mari kita berdoa, agar Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu memuliakan tamu dengan ikhlas. Dan Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here