Tiga Doa Nabi Yusuf yang Bisa Diamalkan Saat Menghadapi Cobaan

Tiga Doa Nabi Yusuf yang Bisa Diamalkan Saat Menghadapi Cobaan

Jakarta, Muslim Obsession - Nabi Yusuf As termasuk salah satu Nabi yang diabadikan namanya dalam Al Quran Surat Yusuf. Dalam surat tersebut, terdapat pula kumpulan doa Nabi Yusuf yang pernah dipanjatkannya ketika menghadapi berbagai cobaan, terutama saat dirayu wanita.

Diriwayatkan, Nabi Yusuf yang merupakan putra dari Nabi Yakub alaihi salam itu terkenal memiliki paras yang rupawan serta akhlak dan kepribadian terpuji.

Saking sempurna sosoknya, Yusuf kerap dirayu oleh banyak wanita, termasuk istri tuannya. Meski begitu, ia teguh pendirian sehingga memilih taat pada Allah SWT.

Dirangkum dari buku Dahsyatnya Doa Para Nabi oleh Syamsuddin Noor, berikut kumpulan doa Nabi Yusuf.

1. Doa Nabi Yusuf saat dirayu wanita yang tergila-gila kepadanya

Setelah dibuang oleh saudara-saudaranya, Yusuf diambil dan diasuh oleh Raja Mesir dan istrinya, serta tumbuh di lingkungan yang baik.

Namun ketika Yusuf sudah dewasa, istri tuannya justru merayu atau menggodanya untuk melakukan kemaksiatan.

Yusuf yang taat lantas segera meminta pertolongan pada Allah SWT dengan membaca doa berikut:

وَرَٰوَدَتْهُ ٱلَّتِى هُوَ فِى بَيْتِهَا عَن نَّفْسِهِۦ وَغَلَّقَتِ ٱلْأَبْوَٰبَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ قَالَ مَعَاذَ ٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ رَبِّىٓ أَحْسَنَ مَثْوَاىَ ۖ إِنَّهُۥ لَا يُفْلِحُ ٱلظَّٰلِمُونَ

Wa rawadat hullati huwa fi baitiha an nafsihi wa gallaqatil abwaba wa qalat haita lak, qala ma'anzallahi innahu rabbi ahsana masway, innahu la yuflihuz zalimun.

Artinya: "Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata. 'Marilah ke sini.' Yusuf berkata, 'Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung." (QS Yusuf ayat 23)

2. Doa Nabi Yusuf minta keselamatan dari rayuan wanita

Doa Nabi Yusuf berikut pernah ia baca ketika rumor tentang dirinya dan Zulaikha menyebar di kalangan warga Mesir.

Zulaikha sebagai istri Raja Mesir menjadi sorotan publik, bahkan namanya tercoreng karena telah menggoda pelayannya.

Dalam kondisi itu, Yusuf kembali berdoa pada Allah SWT untuk meminta keselamatan dari rayuan wanita juga terhindar dari maksiat.

قَالَ رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

Qala rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yad unani ilaih, wa illa tasrif anni kaidahunna asbu ilaihinna wa akum minal jahilin.

Artinya: "Yusuf berkata, 'Wahai Tuhanku, penjara lebih aku suka daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk memenuhi keinginan mereka dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.'" (QS Yusuf ayat 33)

3. Doa Nabi Yusuf memohon khusnul khatimah

Allah SWT telah menuliskan bahwa Nabi Yusuf akan mendapat kedudukan agung dan mewarisi takhta Raja Mesir sebelumnya, menikah dengan Zulaikha, dan memiliki anak.

Ketika Nabi Yusuf menjadi Raja Mesir, saudara-saudaranya yang pernah zalim juga datang meminta maaf dan keluarganya kembali harmonis.

Dalam keadaan serba makmur, Nabi Yusuf bisa bertemu kembali dengan ayahnya Nabi Yakub. Saat itu ia memohon doa agar akhir hidupnya khusnul khatimah.

رَبِّ قَدْ ءَاتَيْتَنِى مِنَ ٱلْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِى مِن تَأْوِيلِ ٱلْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi qad ataitani minal mulki wa allamtani min ta wilil ahadis, fatiras samawati wal ard, anta waliyyi fid dun ya wal akhirah, tawaffani muslimaw wa al hiqni bis salihin.

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian tabir mimpi. Ya Tuhan pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh."