Zaynab Jogi, Muslimah Inggris Pertama yang Mendaki Gunung Everest

58

Muslim Obsession – Seorang instruktur bela diri Muslim dari Blackburn telah menyelesaikan perjalanan gunung Everest yang melelahkan meski mengalami cedera pergelangan kaki.

Pencapaian luar biasa ini datang sebagai bagian dari misinya untuk memberdayakan dan meningkatkan kehidupan masyarakat rentan.

Zaynab Jogi, disingkat Zee, bergabung dengan kelompok yang terdiri dari sebelas orang lainnya dari seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam perjalanan 12 hari dengan harapan dapat berjalan hingga 5.364 meter. Namun, cedera pergelangan kaki tampaknya membahayakan rencananya.

“Saya tidak pernah mengalami cedera pergelangan kaki dalam 12 tahun terakhir saya mendaki gunung dan sangat kecewa dengan diri saya sendiri karena kehilangan satu langkah pun,” kata Zee kepada Lancashire Telegraph.

“Saya merasakan penderitaan dan rasa sakit yang hebat tetapi tidak mau menyerah karena saya ingin menyelesaikan perjalanan. Saya mengangkat kaki saya setiap hari termasuk malam hari dan merasakan sakit yang menusuk di sekujur tubuh saya tetapi bertekad untuk melakukan ini,” ujarnya.

Pemandu, Tirtha Thapa Maski mengizinkan saya untuk melakukan trekking dan mendukung saya sepanjang perjalanan.

Zee berhasil mencapai basecamp Everest dan mencapai ketinggian 5.364 meter pada 5 Desember 2022 dengan pergelangan kaki terkilir.

“Jika saya punya saran maka saya akan mengatakan itu adalah masalah pikiran dan Anda harus selalu memiliki kekuatan dalam diri Anda untuk melanjutkan. Buat keputusan dan patuhi itu dan jangan pernah menyerah. Hidup akan membuang masalah, masalah, penyakit dan Anda harus menemukan solusi untuk membantu Anda,” katanya.

Terima kasih banyak kepada tim lengkap termasuk porter dan pemandu untuk mendukung perjalanan saya.

Zee sudah menjadi wanita Muslim Inggris pertama yang memiliki Rekor Dunia Guinness karena menyelesaikan rintangan di puncak Gunung Kilimanjaro pada September 2021.

Sebagai satu-satunya Instruktur Bela Diri Sipil wanita di Barat Laut, dia berkata bahwa dia bertujuan untuk mengajarkan perlindungan pribadi wanita melalui badan amal yang disebut Akademi Pertahanan Z.

Meskipun Zee adalah wanita Muslim Inggris pertama yang mencapai prestasi tersebut, seorang pria Muslim Inggris dan wanita Muslim non-Inggris lainnya telah mencapai prestasi tersebut.

Awal tahun ini, Pendaki Gunung Akke Rahman menjadi Muslim Inggris pertama yang mendaki Gunung Everest, menyelesaikan perjalanan impian yang dia mulai saat mengamati Ramadhan untuk mengumpulkan dana bagi tempat penampungan anak yatim.

Manal Rostom, seorang pendaki gunung dan pelari maraton Muslim, juga mengukir prestasi dengan mencapai puncak Gunung Everest. Rostom telah merencanakan ambisi ini sejak 2018.

Jarah al-Hawamdeh, seorang pengungsi Palestina, yang kehilangan kakinya karena kanker tulang, juga melakukan perjalanan ke puncak Everest pada tahun 2020 untuk menyelamatkan sekolah UNRWA yang kekurangan uang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here