Yuk! Kenali Gejala Kanker Prostat Seperti Dialami SBY

414

Muslim Obsession – Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Banyak kanker prostat tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat, di mana mereka mungkin tidak menyebabkan kerusakan serius.

Namun, sementara beberapa jenis kanker prostat tumbuh lambat dan mungkin memerlukan pengobatan minimal atau bahkan tanpa pengobatan, jenis lain bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat.

Dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (3/11/2021) kanker prostat yang terdeteksi lebih awal – ketika masih terbatas pada kelenjar prostat – memiliki peluang terbaik untuk pengobatan yang berhasil.

Kanker prostat mungkin tidak menimbulkan tanda atau gejala pada tahap awal. Namun, kanker prostat yang lebih lanjut dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti:

1. Kesulitan buang air kecil
2. Penurunan kekuatan dalam aliran urin
3. Darah dalam urin
4. Darah dalam air mani
5. Sakit tulang
6. Disfungsi ereksi

Kapan harus ke dokter?

Buat janji temu dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda atau gejala persisten yang mengkhawatirkan Anda.

Dokter tahu bahwa kanker prostat dimulai ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan dalam DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Perubahan tersebut memberi tahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel-sel abnormal terus hidup, ketika sel-sel lain akan mati.

Akumulasi sel-sel abnormal membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat meliputi:

1. Usia yang lebih tua

Risiko Anda terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia. Kanker ini paling umum setelah usia 50 tahun.

2. Ras kulit hitam

Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif atau lanjut.

3. Riwayat keluarga

Jika kerabat sedarah, seperti orang tua, saudara kandung atau anak, telah didiagnosis menderita kanker prostat, risiko Anda mungkin meningkat. Juga, jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan gen yang meningkatkan risiko kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2) atau riwayat keluarga kanker payudara yang sangat kuat, risiko kanker prostat Anda mungkin lebih tinggi.

4. Kegemukan

Orang yang mengalami obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang dianggap memiliki berat badan yang sehat, meskipun penelitian memiliki hasil yang beragam. Pada orang gemuk, kanker lebih cenderung menjadi lebih agresif dan lebih mungkin untuk kembali setelah pengobatan awal.

Komplikasi

Komplikasi kanker prostat dan pengobatannya meliputi:

1. Kanker yang menyebar (metastasis)

Kanker prostat dapat menyebar ke organ terdekat, seperti kandung kemih, atau menyebar melalui aliran darah atau sistem limfatik ke tulang atau organ lain.

Kanker prostat yang menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri dan patah tulang. Setelah kanker prostat menyebar ke area lain dari tubuh, mungkin masih merespon pengobatan dan dapat dikendalikan, tetapi tidak mungkin disembuhkan.

2. Inkontinensia

Baik kanker prostat dan pengobatannya dapat menyebabkan inkontinensia urin. Perawatan untuk inkontinensia tergantung pada jenis yang Anda miliki, seberapa parah dan kemungkinan akan membaik seiring waktu. Pilihan pengobatan mungkin termasuk obat-obatan, kateter dan operasi.

3. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh kanker prostat atau pengobatannya, termasuk pembedahan, radiasi atau pengobatan hormon. Obat-obatan, alat vakum yang membantu mencapai ereksi dan pembedahan tersedia untuk mengobati disfungsi ereksi.

Pencegahan

Anda dapat mengurangi risiko kanker prostat jika Anda:

1. Pilih diet sehat yang penuh dengan buah-buahan dan sayuran. Makan berbagai buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dapat berkontribusi untuk kesehatan Anda.

Apakah Anda dapat mencegah kanker prostat melalui diet belum terbukti secara meyakinkan. Tetapi makan makanan yang sehat dengan berbagai buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Pilih makanan sehat daripada suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen berperan dalam mengurangi risiko kanker prostat. Sebaiknya, pilihlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga Anda dapat menjaga kadar vitamin yang sehat dalam tubuh Anda.

3. Berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, membantu Anda mempertahankan berat badan dan meningkatkan mood Anda.

Cobalah untuk berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda baru berolahraga, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan waktu olahraga Anda hingga lebih banyak setiap hari.

Pertahankan berat badan yang sehat. Jika berat badan Anda saat ini sehat, berusahalah untuk mempertahankannya dengan memilih pola makan yang sehat dan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu.

Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tambahkan lebih banyak olahraga dan kurangi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari. Mintalah bantuan dokter Anda untuk membuat rencana penurunan berat badan yang sehat. Bicaralah dengan dokter Anda tentang peningkatan risiko kanker prostat.

Jika Anda memiliki risiko kanker prostat yang sangat tinggi, Anda dan dokter Anda dapat mempertimbangkan obat-obatan atau perawatan lain untuk mengurangi risiko tersebut. Jika Anda khawatir tentang risiko terkena kanker prostat, bicarakan dengan dokter Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here