WHO Tetapkan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global

71

Muslim Obsession – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaktifkan tingkat siaga tertinggi untuk wabah cacar monyet yang berkembang dengan menyatakan virus itu sebagai darurat kesehatan global.

Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi untuk badan kesehatan PBB. Saat ini hanya ada dua kedaruratan kesehatan internasional, yaitu pandemi virus corona dan upaya pemberantasan polio.

Dalam mengumumkan pengumuman tersebut, Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa meluasnya wabah cacar monyet di lebih dari 70 negara, merupakan situasi luar biasa yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Seperti dilansir Saudi Gazette, ini adalah pertama kalinya seorang kepala badan kesehatan PBB bertindak sepihak dalam membuat keputusan ini karena Dr. Tedros mengambil keputusan untuk menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global meskipun tidak ada konsensus di antara para ahli tentang kesehatan PBB. komite darurat lembaga.

Dalam menjelaskan keputusannya untuk bertindak sebagai “pemutus ikatan”, Dr. Tedros mengatakan bahwa saran dari komite darurat hanyalah salah satu dari lima elemen yang harus dia pertimbangkan.

Menurut Dr. Tedros, status darurat kesehatan global dirancang oleh WHO dengan tujuan membunyikan alarm untuk respon internasional terkoordinasi yang diperlukan untuk membuka pendanaan dan upaya global untuk mempercepat pengembangan vaksin dan menerapkan berbagai langkah untuk membatasi penyebarannya. penyebaran virus.

Sebelumnya, komite darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menggelar pertemuan terkait wabah cacar monyet. Dalam pertemuan tersebut, para ahli dari seluruh dunia berkumpul untuk mengecek informasi terbaru tentang penyakit ini.

Kepala Kedaruratan WHO, Dr. Michael Ryan mengatakan bahwa wabah cacar monyet ditetapkan sebagai darurat global untuk memastikan dunia menanggapi wabah saat ini dengan serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here