WHO: Pandemi Covid-19 Masih Jauh dari Selesai

191
Masker

Muslim Obsession – Dua tahun terakhir, infeksi Covid-19 telah melihat lebih dari 500 juta kasus dan lebih dari enam juta kematian secara global, namun pandemi ini “masih jauh dari selesai”.

Demikian pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan bahkan ketika beberapa negara telah melonggarkan pembatasan dan membuka perbatasan atas kasus yang menurun.

“Meskipun kasus dan kematian yang dilaporkan menurun secara global, dan beberapa negara telah mencabut pembatasan, pandemi ini masih jauh dari selesai,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Gebreyesus, saat konferensi pers, dilansir Siasat, Jumat (11/3/2022).

“Ini tidak akan berakhir di mana-mana sampai selesai di mana-mana,” tambahnya bahkan ketika banyak negara di Asia dan Pasifik menghadapi lonjakan kasus dan kematian Covid.

“Virus terus berkembang, dan kami terus menghadapi hambatan besar dalam mendistribusikan vaksin, tes, dan perawatan di mana pun mereka membutuhkannya,” ujar kepala WHO.

Badan kesehatan global juga khawatir bahwa beberapa negara secara drastis mengurangi pengujian.

WHO merekomendasikan negara-negara untuk menawarkan tes mandiri selain layanan pengujian yang dikelola secara profesional.

Sementara itu, Sekjen PBB Antonio Guterres juga mendukung penilaian Sekjen WHO tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, dia memperingatkan bahwa akan menjadi “kesalahan besar” untuk berpikir bahwa virus sekarang ada di kaca spion.

Guterres menegaskan kembali bahwa distribusi vaksin tetap “tidak merata secara skandal”.

“Produsen memproduksi 1,5 miliar dosis per bulan, tetapi hampir tiga miliar orang masih menunggu suntikan pertama mereka,” sorotnya.

Sekjen PBB menyalahkan “kegagalan” ini pada kebijakan dan keputusan anggaran yang memprioritaskan kesehatan orang-orang di negara-negara kaya, di atas kesehatan orang-orang di negara-negara miskin.

“Ini adalah dakwaan moral dunia kita. Ini juga merupakan resep untuk lebih banyak varian, lebih banyak penguncian dan lebih banyak kesedihan dan pengorbanan di setiap negara. Dunia kita tidak mampu melakukan pemulihan dua tingkat dari Covid-19,” tuturnya.

Guterres menambahkan bahwa terlepas dari banyak krisis global lainnya, dunia harus mencapai tujuan memvaksinasi 70 persen orang di semua negara pada pertengahan tahun ini.

“Ilmu pengetahuan dan solidaritas telah terbukti menjadi kombinasi yang tak terkalahkan. Kita harus mendedikasikan kembali diri kita untuk mengakhiri pandemi ini bagi semua orang dan semua negara, dan menutup babak menyedihkan dalam sejarah umat manusia ini, sekali dan untuk selamanya,” tegasnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here