WHO Cemas, Cacar Monyet Tembus 6.000 Kasus!

62
Saat menjenguk, doakanlah saudara kita yang sedang sakit tersebut.

Muslim Obsession – Dengan lebih dari 6.000 kasus di seluruh dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan pertemuan untuk memutuskan apakah akan menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, tingkat kewaspadaan tertinggi organisasi itu.

Direktur Jenderal badan kesehatan PBB Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia akan mengadakan pertemuan kedua komite darurat tentang cacar monyet, dengan lebih dari 6.000 kasus sekarang dikonfirmasi di 58 negara.

Lonjakan infeksi cacar monyet telah dilaporkan sejak awal Mei di luar negara-negara Afrika Barat dan Tengah di mana penyakit itu telah lama mewabah.

“Saya terus khawatir dengan skala dan penyebaran virus,” kata Tedros dalam konferensi pers dari markas besar WHO di Jenewa, dikutip Kamis (7/7/2022).

“Pengujian tetap menjadi tantangan dan sangat mungkin ada sejumlah besar kasus yang tidak tertangani.”

Pada tanggal 23 Juni, WHO mengadakan komite ahli darurat untuk memutuskan apakah cacar monyet merupakan apa yang disebut Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) – alarm tertinggi yang dapat dibunyikan WHO.

Namun, mayoritas menemukan situasi belum melewati ambang batas itu.

“Tim saya mengikuti data. Saya berencana untuk mengumpulkan kembali komite darurat sehingga mereka mendapat informasi terbaru tentang epidemiologi dan evolusi wabah monkeypox saat ini, dan penerapan tindakan pencegahan,” kata Tedros.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here