Waspadai 6 Gangguan Kesehatan Akibat Kebanyakan Makan Daging

642

3. Gampang haus

Konsumsi daging yang berlebihan akan menumpuk nitrogen – yang merupakan hasil pemecahan protein – di dalam darah. Tubuh akan berusaha mengeluarkan kelebihan nitrogen tersebut, salah satunya melalui urine.

“Apabila kadar nitrogen terlalu tinggi, air yang keluar dari tubuh melalui urine juga akan sangat banyak. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup, dehidrasi tak bisa dihindari lagi,” ungkap dr. Karin.

4. Berat badan naik

Jika setelah Hari Raya Idul Adha atau Idul Fitri badan malah bertambah, hal ini tidak mengherankan. Apalagi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak daging beberapa waktu belakangan.

“Mengonsumsi daging tinggi lemak dapat meningkatkan berat badan dan kadar kolesterol Anda. Daging yang rendah lemak pun dapat menyebabkan kenaikan berat badan, apalagi bila jumlah yang masuk ke tubuh terlalu banyak,” ungkap dr. Karin.

5. Kolesterol tinggi

Cara pengolahan daging yang tidak tepat, seperti digoreng atau menggunakan banyak santan dapat meningkatkan kadar kolesterol yang ada di dalamnya. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, yang akan terjadi kemudian adalah kolesterol tinggi.

“Kolesterol tinggi biasanya tidak bergejala. Namun pada beberapa kasus, kondisi tersebut bisa menyebabkan sakit kepala, rasa tidak nyaman di tengkuk, kesemutan atau kebas dan nyeri di dada,” tutur dr. Karin.

6. Peradangan di dalam tubuh

Penelitian menyebutkan bahwa lemak jenuh yang ada pada daging dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi daging terlalu banyak, bukan tidak mungkin laju peradangan akan sangat cepat sehingga fungsi organ-organ penting bisa mengalami gangguan.

Mengonsumsi daging kurban saat Idul Adha memang sah-sah saja. Namun, Anda harus berhati-hati supaya tidak tergiur untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Apalagi jika masih ada sisanya selama beberapa hari ke depan.

Namun jika Anda sudah telanjur mengalami akibat dari kebanyakan makan daging seperti yang dipaparkan di atas, sebaiknya segera konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika perlu, Anda bisa berhenti makan daging untuk sementara waktu hingga kondisi Anda membaik.

Apabila Anda sudah telanjur mengalami tanda dan gejala yang disebutkan di atas, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here