Wanita Lebih Cepat Tua Setelah Punya Anak, Benarkah?

621

Stres bisa bikin penampilan tak segar

Hal itu lantas ditanggapi oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter. Menurutnya, wanita lebih cepat tua setelah punya anak itu mungkin lebih disebabkan oleh keadaan stres dan lelah yang dialami. Meskipun seorang ibu akan sangat bahagia saat memiliki buah hati, tak dimungkiri tanggung jawabnya pun akan bertambah.

Jika tanggung jawab bertambah, otomatis beban pikiran juga ikut bertambah. Semakin banyak yang dipikirkan, secara tidak sadar dahi akan sering berkerut dan lama-kelamaan bikin penampilan terlihat lebih tua.

“Lagi pula, ketika sudah punya anak, ibu akan mengesampingkan kebutuhan dirinya sendiri. Anak adalah prioritas utama, sedangkan kebutuhan dirinya sendiri, seperti merawat wajah dan tubuh atau sekadar mencari hiburan, tak lagi menjadi prioritas,” jelasnya.

Belum lagi, rumah tangga tak mungkin lepas dari masalah. Tanggung jawab dan masalah menjadi kombinasi yang “hebat” untuk membuat seorang wanita menjadi stres dan kelelahan.

“Tidak ada kan orang yang stres dan kelelahan itu wajahnya segar? Maka dari itu, wanita yang sibuk mengurus anak seorang diri (tanpa bantuan pengasuh) akan terlihat lebih tidak segar dan tampak lebih tua,” dia menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here