Wamenag Minta Polisi Usut Pembuat Meme Stupa Mirip Jokowi

51
Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi saat memberikan sambutan pada wisuda ke-123 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Sabtu (26/2/2022). (Foto: kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi meminta polisi segera memproses hukum pihak yang terlibat dalam unggahan meme stupa Borobudur mirip Presiden Joko Widodo yang belakangan viral di media sosial.

Zainut menyerahkan kepada polisi untuk mendalami dan mengusut unggahan itu.

“Terhadap postingan meme stupa Borobudur mirip Pak Jokowi, saya menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mendalami masalah tersebut dan mengusut semua pihak yang terlibat untuk selanjutnya diproses hukum sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku,” kata Zainut dalam keterangan resminya, Jumat (17/6).

Ia pun meminta kepada semua pihak tidak menjadikan simbol agama sebagai bahan olokan atau guyonan. Sebab, hal tersebut dapat melukai perasaan umat pemeluk agama yang bersangkutan.

Menurut Zainut, apapun alasan dari tindakan tersebut tak etis dan tidak dibenarkan oleh agama dan peraturan perundang-undangan.

“Perbuatan tersebut dapat dikatagorikan sebagai perbuatan SARA,” ucapnya.

Selain itu, Zainut menyinggung kebebasan berpendapat hendaknya dilakukan dengan cara yang santun, bijak, dan menghormati etika. Ia menegaskan kebebasan berpendapat tidak boleh dilakukan dengan cara melanggar norma susila, hukum, dan agama.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan cepat memposting atau menyebarkan berita, baik berita yang berupa foto, video, meme atau konten narasi yang mengandung ujaran kebencian, fitnah dan SARA,” kata dia.

Diberitakan, meme stupa Borobudur yang diedit mirip Jokowi viral di media sosial usai diunggah mantan Menpora Roy Suryo pada Jumat (10/6) lalu dalam akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo2.

Dalam keterangan fotonya, Roy Suryo menyinggung rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu. Kini postingan tersebut sudah dihapus oleh Roy.

Roy membela diri dan mengatakan ia bukan orang pertama yang mengunggah foto itu. Ia lantas melaporkan pengunggah pertama foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Jokowi itu ke ke Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6). (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here