Wah! Ini Burung Terpintar di Bumi Menurut Al-Quran dan Neurologi 

149
Umat Islam membaca Al-Quran secara bersamaan dalam acara "Cipulir Mengaji Bersama 500 Qori" di Jalan Samudera, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta, Ahad (17/04/2022). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Burung umumnya tidak dianggap sebagai hewan yang cerdas; sebenarnya, hal merendahkan saat menyebut seseorang “berotak burung”.

Tetapi dalam sebuah ayat Al-Quran yang melibatkan seekor burung yang mengajarkan manusia pertama sebuah praktik penting. Di mana pentingnya ayat dan kualitas burung khusus ini, membawa kita ke pembelajaran yang menarik.

Berikut adalah ayat yang merupakan bagian dari kisah putra Adam:

“Maka nafsu (Qabil) mendorongnya untuk membunuh saudaranya, kemudian dia pun (benar-benar) membunuhnya, maka jadilah dia termasuk orang yang rugi. Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepadanya (Qabil). Bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Qabil berkata, “Oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Maka jadilah dia termasuk orang yang menyesal.” (QS. Al- Maaidah [5]: 30-31).

Pada ayat tersebut, dengan jelas bahwa burung gagak sebagai mentor bagi manusia, dan dengan jelas menunjukkan bahwa bisa jadi manusia akan direndahkan oleh solusi yang ditemukan oleh burung gagak untuk beberapa masalah kritis mereka.

Kita mungkin bertanya-tanya: hewan apa yang paling cerdas setelah manusia? Seperti banyak orang, kita memikirkan lumba-lumba untuk kehormatan itu, tetapi itu tidak benar.

Penelitian terbaru menunjukkan kandidat yang sangat tak terduga untuk posisi teratas dalam kecerdasan hewan, burung hitam, yang oleh banyak budaya dianggap sebagai pertanda nasib buruk dan kematian (mungkin karena peran serius penguburan dalam cerita di atas), adalah burung gagak yang super cerdas!

Majalah Scientific American menerbitkan hasil penelitian ilmuwan Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar – Universitas Vermont, Kanada dan Universitas St Andrews, Skotlandia – yang menunjukkan kemampuan mental yang luar biasa dari burung gagak.

“Burung-burung ini menggunakan logika untuk memecahkan masalah dan beberapa kemampuan mereka bahkan melebihi kera besar,” kata mereka, dilansir About Islam.

Dalam eksperimen ini, gagak diberi tugas yang sangat kompleks yang belum pernah mereka temui sebelumnya dan mereka tidak diprogram untuk melakukannya secara alami, namun mereka berhasil setiap saat, menemukan solusi yang kreatif dan logis untuk tugas tersebut.

Lebih mengejutkan lagi, mereka melakukannya dengan benar pertama kali, setiap saat, tanpa proses coba-coba sama sekali!

Eksperimen menunjukkan bahwa gagak mampu menguji kemungkinan dalam pikiran mereka dalam waktu singkat, memilih solusi yang paling efektif, dan menerapkannya dengan benar saat pertama kali mencobanya, sesuatu yang tidak dapat ditandingi oleh makhluk paling cerdas.

Beberapa percobaan menunjukkan bahwa gagak cukup licik untuk membuat hewan lain bekerja bagi mereka untuk membuat makanan mereka lebih mudah

Juga untuk mengamankan lebih dari 90% dari mangsa yang diburu orang lain untuk mereka. Beberapa bahkan telah belajar dan mengajar orang lain untuk membuat alat berburu.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here