Ustadzah Indra Gempita: Tiga Agenda Istimewa untuk Isi Ramadhan

413
Ustadzah Hj. Indra Gempita, Ketua Lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Parmusi Pusat, saat memberikan taushiyah di hadapan ratusan santri Ponpes Nurul Huda Ciumbuleuit Bandung, Sabtu (16/4/2022).

Bandung, Muslim Obsession – Ramadhan merupakan tamu yang sangat istimewa dalam kehidupan setiap orang yang beriman.

Kehadirannya dinantikan dan kedatangannya ditunggu, sehingga ketika Ramadhan tiba, setiap orang beriman harus menghadirkan sesuatu yang istimewa agar ibadah di bulan suci ini tidak sia sia.

“Jangan sampai Ramadhan datang tak dijemput dan pulang tak diantar, sehingga kita lupa untuk mengisinya dengan kebaikan,” ujar Ustadzah Hj. Indra Gempita, Ketua Lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Parmusi Pusat, Sabtu (16/4/2022).

Ustadzah Indra memberikan taushiyahnya di hadapan ratusan santri Pondok Pesantren Nurul Huda, Ciumbuleuit Bandung, yang diasuh KH. Abah Mansur.

Hadir juga pada pengajian ba’da Subuh tersebut, Ketua Umum PP Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) H. Usamah Hisyam serta rombongan Panitia Ramadhan yang dipimipin H. Aidil Adha.

Ustadzah Indra menegaskan, kedatangan Ramadhan harus benar-benar disambut dengan cara yang tepat. Upaya ini dilakukan agar bulan suci tidak berlalu dengan sia-sia, sehingga orang-orang yang seyogianya beribadah justru menjadi menyesal dan celaka.

“Sehingga Rasulullah bersabda, “Raghima ‘anfu” dimana kita diingatkan agar tidak menjadi manusia celaka dan menyesal karna tidak mengisi Ramadhan dengan amalan-amalan terbaik,” tegasnya.

Menurutnya, Ramadhan harus menjadi bulan yang bisa membuat setiap manusia mendekat taat kepada Allah dan menjadi bulan terbaik untuk manusia bermuhasabah, merenungi diri dan mengingat dosa-dosanya.

Lalu berikutnya bermuraqabah dengan cara taat dan mendekat kepada Allah serta bermujahadah, yakni serius dan bersungguh-sungguh mendekat kepada Allah Ta’ala.

“Setidaknya ada tiga agenda yang bisa kita isi sebagai amalan-amalan terbaik. Pertama, Agenda Spiritual yakni kegiatan yang diisi dengan ibadah puasa, shalat, dan memperbanyak membaca Al-Quran,” jelas Ustadzah Indra.

Kedua, Agenda Emosional dimana Ramadhan diisi dengan cara saling memaafkan, menjaga silaturahmi, dan menahan amarah.

Ketiga, Agenda Sosial yakni menjadikan Ramadhan sebagai bulan untuk mempertebal kepedulian kepada sesame.

“Ini penting kita upayakan karena Afdhalu shadaqah fi Ramadhan, seutama-utamanya sedekah adalah di Bulan Ramadhan. Wallahu a’lam,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here