UPQ Bakal jadi Pusat Percetakan Al-Quran Terbesar di Asia Tenggara

219
Umat Islam membaca Al-Quran secara bersamaan dalam acara "Cipulir Mengaji Bersama 500 Qori" di Jalan Samudera, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta, Minggu (17/04/2022). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Kementerian Agama akan melakukan transformasi fundamental dalam proses percetakan Al-Quran di Indonesia, baik kualitas maupun kuantitas.

Unit Percetakan Al-Quran (UPQ) Kementerian Agama akan dijadikan sebagai pusat percetakan Al-Quran terbesar di Asia Tenggara.

“Dalam waktu tidak lama lagi, akan ada transformasi fundamental di UPQ, akan ada proyek besar percetakan Al-Quran kita,” terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin saat membuka pembinaan pegawai UPQ di Yogyakarta, Rabu (1/3/2023).

Kamaruddin menargetkan pada 2024, UPQ mampu mencetak 1-2 juta eksemplar Kitab Suci Al-Quran dengan kualitas tinggi.

“Kita punya harapan untuk memiliki sebuah percetakan Al-Quran terbesar se-Asia Tenggara. Mungkin (menjadi terbesar) untuk seluruh dunia (sementara ini) belum, ya. Tapi saya rasa untuk tingkat Asia Tenggara, kita bisa terbesar,” sambungnya.

Kamaruddin mengapresiasi para pegawai UPQ yang bekerja mencetak kitab suci Al-Quran.

“Teman-teman ini adalah pengurus Al-Quran yang setiap hari bekerja keras mengurus Al-Quran, saya kira itu suatu yang harus kita apresiasi bersama. Terus berkolaborasi mewujudkan percetakan Al-Quran berkualitas dan terbesar,” pungkasnya.

Pembinaan pegawai UPQ digelar selama empat hari, 1-4 Maret 2023 di The Cangkringan, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri seluruh pegawai UPQ dan sejumlah pegawai Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here