Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Buka Beasiswa Baru, Ini Syaratnya

68

Jakarta, Muslim Obsession – Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) membuka pendaftaran untuk program Magister (MA) dan Doktor (PhD).

Universitas yang memiliki mahasiswa dan dosen dari berbagai belahan dunia ini menerima mahasiswa dari ragam bangsa, negara serta agama. Skema pendaftaran dibuka dengan dua skema, jalur mandiri dengan biaya sendiri dan beasiswa.

Pengajuan aplikasi pendaftaran dibuka sepanjang tahun secara online. Untuk perkuliahan tahun akademik 2023/2024, batas akhir pengumpulan aplikasi pada sistem sudah harus diterima pada tanggal 30 Juni 2023.

Ada empat fakultas yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa. Yakni Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Pendidikan.

Seluruh program akademik dan pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris. Oleh karenanya para calon mahasiswa disyaratkan memiliki sertifikat kecakapan berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan sertifikat IELTS, TOEFL atau sejenisnya.

Namun, persyaratan ini tidak berlaku bagi calon mahasiswa dari negara-negara berbahasa Inggris, atau lulusan dari universitas-universitas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Khusus untuk yang akan mendaftar pada fakultas Studi Islam, baik program MA maupun PhD, disyaratkan memiliki kecakapan dalam Bahasa Arab yang ditunjukkan dengan sertifikat TOAFL.

Dikutip dari laman pendis.kemenag, persyaratan ini tidak berlaku bagi pendaftar dari negara-negara berbahasa arab atau lulusan universitas yang menggunakan bahasa arab sebagai pengantar.

Para pendaftar harus melampirkan transkrip akademik dengan Grade Point Average (GPA) paling sedikit 3.0 untuk program magister dan 3.5 untuk program doktor pada skala maksimum 4.0.

Syarat lain untuk mendaftar pada program doktor adalah mengajukan proposal riset secara ringkas dengan 4.000-5.000 kata. Contoh tulisan ilmiah hasil penelitian yang relevan dengan pilihan studi atau artiel terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah.

Selain itu, para pendaftar disyaratkan untuk melampirkan dua surat rekomendasi dari kalangan otoritas yang menjelaskan mengapa yang bersangkutan pantas untuk menempuh pendidikan lanjutan di UIII.

Para penulis surat rekomendasi adalah orang yang dikenal oleh pendaftar dan ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Komponen Program Beasiswa UIII

• Visa pelajar dan izin belajar untuk pelajar internasional

• Outward airfare (kelas ekonomi-satu arah) dari bandara terdekat lokasi rumah penerima ke bandara Internasional Soekarno Hatta, Indonesia

• Tiket pesawat pulang (kelas ekonomi-sekali jalan) dari bandara Internasional Soekarno Hatta ke bandara terdekat lokasi rumah penerima.

• Biaya kuliah untuk dua tahun akademik (Magister) atau empat tahun akademik (Doktor) • Tunjangan awal kedatangan setelah tiba di Indonesia

• Tunjangan hidup bulanan selama dua tahun (Magister) atau empat tahun akademik (Doktor) • Asuransi kesehatan

• Tunjangan buku

• Bantuan penelitian tesis atau disertasi

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran baik jalur mandiri maupun beasiswa di UIII dapat diakses melalui website UIII: uiii.ac.id. Informasi juga dapat diperoleh dari berbagai media sosial UIII di Instagram dan Twitter (@uiiiofficial), LinkedIn, dan Facebook (Universitas Islam Internasional Indonesia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here