Unesa Kukuhkan Putri Wapres Sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Bisnis Halal

245
Pengukuhan Siti Nur Azizah sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Bisnis Halal di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (16/3/2023). (Foto: wapresri)

Surabaya, Muslim Obsession – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengukuhkan Siti Nur Azizah yang juga putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sebagai Guru Besar. Siti Nur Azizah mendapat gelar profesor dalam bidang Ilmu Hukum Bisnis Halal pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa.

Pengukuhan Siti Nur Azizah dilakukan pada Rapat Terbuka Senat Akademik di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/3/2023), yang juga turut dihadiri langsung oleh KH. Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan itu Siti Nur Azizah menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Jaminan Produk Halal Melalui Audit Mutu Hukum Menuju Era Industri Halal”.

Dalam orasinya, ia berharap pada masa yang akan datang segenap peraturan perundang-undangan terkait dengan jaminan produk halal dan industri halal sebagai bagian bisnis halal diwujudkan dalam suatu omnibus law.

Menurut Azizah, omnibus law yang dimaksudnya itu ialah undang-undang tentang bisnis halal dengan di dalamnya mencakup peraturan di bidang perindustrian, perdagangan, perlindungan konsumen, penanaman modal, pengaturan pangan, pengaturan pertanian, dan jaminan produk halal.

“Pada pokoknya, omnibus law tersebut mengatur bisnis menuju pembangunan industri halal melalui pasar halal,” urainya.

Lebih jauh, Azizah menuturkan bahwa dalam penerapan hukum terkait regulasi industri di bidang hukum bisnis halal, termasuk industri halal, perlu diperhatikan harapan dari sisi hukum maupun masyarakat.

“Pertama, harapan hukum bisnis halal, yaitu penerapan hukum yang sesuai dengan harapan pembuat undang-undang, yaitu dengan penafsiran otentik,” jelasnya, mengutip Antara.

Kedua, lanjutnya, harapan masyarakat yaitu harapan dari pelaku usaha dan konsumen serta industri halal itu sendiri yang melampaui harapan sebenarnya, yakni harapan yang melampaui cita-cita masyarakat agar memperoleh kepastian hukum, keadilan hukum, dan kemanfaatan hukum dari keberadaan industri halal Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unesa Nurhasan mengapresiasi gelar baru yang disandang Siti Nur Azizah. Dia berharap gelar itu bermanfaat bagi industri halal Indonesia di masa mendatang.

“Sumbangan penting bagi keilmuan hukum dan kepastian jaminan produk halal melalui audit mutu hukum menuju era industri halal yang berkembang pesat,” tutur Nurhasan.

Dia menambahkan perlu ada kepastian hukum dalam mengembangkan industri halal melalui audit hukum di Indonesia.

“Sangatlah tepat pengukuhan profesor hari ini bisa menjadi momentum kebangkitan industri halal di Indonesia,” katanya.

Usai menyaksikan prosesi Pengukuhan Guru Besar Siti Nur Azizah, Ma’ruf Amin kemudian menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Fakultas Kedokteran, Laboratorium Anti Doping, dan Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional Unesa.

Hadir dalam acara tersebut ialah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, dan jajaran civitas academica Unesa. (Rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here