Turki-Israel Kembali Jalin Hubungan Diplomatik

117

Muslim Obsession – Sebagai hasil dari ketegangan selama bertahun-tahun antara negara-negara Mediterania, Israel dan Turki membangun kembali hubungan diplomatik penuh pada hari Rabu (17/8/2022).

Menurut Perdana Menteri Israel Yair Lapid, terobosan diplomatik adalah “perkembangan ekonomi yang sangat signifikan bagi warga Israel.”

Sehubungan dengan perkembangan diplomatik, duta besar dan konsul jenderal akan ditempatkan kembali di kedua negara, menurut kantor Lapid.

Pejabat tinggi dari kedua negara saling mengunjungi dalam upaya timbal balik untuk memperbaiki hubungan dalam beberapa bulan terakhir.

Kembalinya duta besar “penting untuk meningkatkan hubungan bilateral,” menurut Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Namun, dia memperingatkan bahwa Ankara tidak boleh menyerah pada perjuangan Palestina karena hubungan yang lebih dekat dengan Israel.

Selama perjalanan ke Tepi Barat yang diduduki pada bulan Mei, Cavusoglu menjadi menteri luar negeri Turki pertama yang mengunjungi Israel dalam 15 tahun.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan pertemuan mereka dua bulan lalu menandai “titik balik dalam hubungan kita” selama kunjungan penting oleh Presiden Israel Isaac Herzog ke Ankara.

Setelah operasi militer Israel di Gaza pada 2008, hubungan bilateral mulai memburuk.
Serangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara Turki yang membawa bantuan ke Gaza pada 2010 mengakibatkan kematian sepuluh warga sipil.

Meskipun ada rekonsiliasi singkat dari 2016 hingga 2018, para duta besar mundur sekali lagi karena pembunuhan warga Palestina.

Antara 2018 dan 2019, pasukan Israel menembak lebih dari 200 warga Gaza selama protes perbatasan.

Pada Juli 2021, Herzog menjabat dan secara terbuka memulai proses rekonsiliasi.
Presiden Israel mengatakan pada hari Rabu bahwa pembaruan penuh hubungan akan mempromosikan hubungan ekonomi, pariwisata timbal balik, dan persahabatan antara Israel dan Turki.

Perdagangan antara Israel dan Turki terus berlanjut meskipun ada perbedaan diplomatik dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai hasil dari plot pembunuhan Iran di Istanbul, Israel memperingatkan warganya untuk kembali ke rumah pada bulan Juni.

Orang-orang Israel dengan cepat melanjutkan liburan Turki mereka setelah Lapid berterima kasih kepada Ankara atas kerja samanya

Menjelang perjalanannya ke Ankara, Herzog dikirim ke Siprus dan Yunani untuk menghindari mengganggu sekutu regional.

Palestina dapat mengambil manfaat dari normalisasi Turki dengan Israel, katanya.

Cavusoglu mengatakan pada hari Rabu bahwa dia akan terus membela hak-hak Palestina seperti yang selalu dia lakukan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here