Tidak Jadi Ulama, Ini Lima Habib yang Memilih Berkarier di TNI

395

Jakarta, Muslim Obsession – Jika habib dikenal sebagai ulama karena punya jalur keturunan Rasulullah, maka ada beberapa habib di Indonesia yang justru memilih berkarier menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Misalnya saja mereka yang memilih menjadi TNI dengan bertugas menjaga keamanan dan perdamaian negara. Berikut lima habib yang berkarier di TNI seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Laksamana Muda TNI (Purn) Muchammad Richad Baagil Laksamana Muda TNI (Purn)

Habib Muchammad Richad Baagil ini adalah seorang purnawirawan TNI-AL. Dimana jabatan terakhirnya adalah sebagai Pa Sahli Tk.III Bid Polhukamnas Panglima TNI.

Garis keturunan para habaib dari Laksda (purn) M Richard Baagil terletak pada marga Ba’agil yang berasal dari keturunan wali agung yang dilahirkan di Tarim, Hadramaut, Yaman bernama Habib Agil bin Abdurrahman Assegaf bin Muhammad Mauladdawilah.

2. Brigjen TNI Muhammad Ali Al Habsyi

Brigjen TNI Muhammad Ali merupakan seorang perwira tertinggi TNI-AL yang menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan sejak 2 Agustus 2021.

Jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-35 tahun 1989 ini juga pernah menjabat sebagai Jenderal Bintang Dua sebelumnya. Nasab atau garis keturunan Al Habsyi pada awalnya menunjuk pada suatu wilayah Habasyah di Afrika.

Namun gelar tersebut diberikan pada keturunan Habib Abu Bakar bin Ali dari Hadhramaut, Yaman.

3. Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri Perwira

TNI Angkatan Darat yang sedang menjabat sebagai Asisten Logistik Kasdam IV/Diponegoro ini juga merupakan Habib yang TNI berikutnya. Lulusan Akmil angkatan 1996 ini dari satuan infanteri Kostrad. Dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Para Raider 18/Trisula.

Al Jufri merupakan marga yang nasabnya tersambung ke Waliyyullah Abubakar bin Muhammad Al-Djufri dilahirkan di kota Tarim (Hadramaut).

4. Mayor Inf Ahmad bin Muhammad

Asseegaf Pria kelahiran Jeddah Arab Saudi ini merupakan salah satu prajurit TNI-AD. Mayor Inf Ahmad ini menjabat sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri 753 (Wadanyon) 753/Arga Vira Tama atau Yonif 756/AVT.

Karirnya di dunia militer dimulai pada tahun 2005 setelah lulus dari SMA. Pada saat itu Mayor Inf Ahmad menjalani pendidikan di Lembah Tidar. Marga Assegaf yang dimilikinya ini merupakan salah satu marga Alawiyyin yang banyak tersebar di dunia.

Marga Assegaf berasal dari Hadramaut, Yaman Selatan, yang merujuk pada anak keturunan dari Waliyullah Imam Abdurrahman bin Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi bin Muhammad al-Faqih Muqaddam atau dikenal Habib Abdurrahman Assegaf.

5. Marsekal Madya (purn) Muhammad

Syaugi Alaydrus Mantan Kepala Badan SAR Nasional yang pensiun pada tahun 2019 lalu ini mahir dalam menerbangkan pesawat tempur seperti pesawat F-16 Fighting Falcon.

Marsdya (purn) Syaugi Alaydrus ini memiliki garis keturunan dari marga Alaydrus yang merupakan marga Alawiyyin yang merupakan kelompok yang memiliki keturunan darah dari Rasulullah SAW. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here