Terungkap Kebiasaan Wali Kota Bandung Oded Sebelum Tidur, Mengharukan

300

Jakarta, Muslim Obsession – Wali Kota Bandung Oded M Danial telah meninggal dunia, saat akan menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Mujahidin Muhammadiyah, Jumat (10/12/2021). Ia diduga meninggal karena serangan jantung.

Meninggalnya Mang Oded membawa duka bagi orang-orang terdekatnya, termasuk dari warga Bandung. Wali Kota satu ini memang dikenal sangat religus. Maka wajar banyak orang yakin ia meninggal husnul khatimah karena meninggalnya pun saat sedang menunaikan shalat.

Salah seorang sahabat Walikota Bandung membeberkan ritual rahasia yang biasa dilaksanakan oleh Mang Oded M Danial sebelum tidur. Bisa jadi ritual inilah yang membuat Oded tetap harum namanya.

Adalah Dr. Indra Kusumah, Ilmuwan Psikologi sekaligus pegiat kepemudaan yang membeberkan ritual rahasia Walikota Bandung Oded M Danial semasa hidup.

Sang sahabat mengungkapkan, Oded M Danial memiliki ritual rahasia yang dilakukan sebelum tidur. Dikatakan oleh Indra Kusumah, hal tersebut dia ketahui usai berbincang dengan istri mendiang Wali Kota Bandung tersebut, Siti Muntamah.

Indra Kusumah mengaku sebagai pemipin, tetap saja ada yang suka dengan sosoknya. Apalagi jika sudah urusan politik. Dikatakan olehnya, dalam perbincangan yang dilakukan di Pendopo Kota Bandung, Siti Muntamah mengawali fakta yang terjadi di dunia politik.

“Ummi Siti mengawali dengan fakta di dunia politik yang harus berinteraksi dengan beraneka macam orang, dari ahli sajadah sampai yang “haram jadah”. Dalam dunia politik, kita bisa dikhianati, bahkan “dibunuh” berkali-kali,” tuturnya seperti dkutip dari cuitan @aindraku.

Indra Kusumah menilai, urusan menjaga hati menjadi keterampilan jiwa yang mesti dimiliki oleh para da’i kala terjun ke dunia politik.

“Ya, dalam dunia politik ketika kita berjumpa beraneka ragam orang, mungkin terjadi ada orang-orang yang membuat kita marah, kesal, kecewa, sedih, malu, sakit hati dan lain-lain. Itu semua bisa mengganggu stabilitas psikologis kita jika kita tidak punya jurus yang tepat menyikapinya,” tuturnya.

Kata dia, istri Mang Oded bercerita, Mang Oded sebelum tidur duduk dengan kepala tertunduk seperti orang yang sedang dzikir.

“Ketika Ummi Siti bertanya, “Abi sedang apa?” “Sedang memaafkan orang-orang,” jawab Mang Oded, sembari melanjutkan ritual rahasianya tersebut,” kata dia menerangkan,” ucapnya menerangkan.

Sang sahabat menuturkan, ritual rahasia yang dilakukan oleh Oded M Danial sebelum tidur adalah memberi maaf setiap orang.

“Rupanya, ritual Mang Oded sebelum tidur adalah memaafkan orang. Beliau mengingat orang-orang yang ditemuinya sepanjang hari itu dan mendoakan ampunan untuk mereka kepada Allah SWT,” tuturnya.

“Apabila sudah melakukan ritual memaafkan dan mendoakan orang-orang, biasanya setelah itu Mang Oded tidur dengan tenang dan nyenyak. Demikian kesaksian Ummi Siti,” kata dia menambahkan.

Dikatakan oleh Indra Kusumah, bila ritual rahasia tersebut terlewat, biasanya Mang Oded tidur tak nyenyak.

“Beliau biasanya tiba-tiba terbangun dan kalau ditanya, beliau menjawab bahwa beliau lupa belum memaafkan orang-orang,” tuturnya menerangkan. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here