Suriah Tolak Bantuan untuk Korban Gempa dari Israel 

226

Muslim Obsession – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia telah memberikan lampu hijau untuk mengirim bantuan ke Suriah yang dilanda gempa.

Tetapi seorang pejabat Damaskus dengan cepat membantah bahwa mereka telah meminta bantuan sejak awal.

“Saya menyetujui permintaan dari sumber diplomatik untuk bantuan kemanusiaan ke Suriah,” kata Netanyahu kepada anggota parlemen dari partai Likud yang hawkish, menambahkan bahwa bantuan itu akan segera dikirimkan.

Namun, seorang pejabat Suriah mengatakan kepada wartawan bahwa Damaskus “mengejek dan membantah tuduhan” bahwa mereka telah meminta bantuan Israel.

“Bagaimana Suriah bisa mencari bantuan dari entitas yang telah membunuh warga Suriah selama beberapa dekade?” ujarnya, dilansir The Islamic Information, Rabu (8/2/2023).

Pemerintah Suriah tidak mengakui Israel, dan kedua negara telah berperang berkali-kali sejak Israel didirikan pada tahun 1948.

Kantor Netanyahu menolak untuk menguraikan sumber permintaan untuk membantu Suriah, di mana ratusan orang tewas akibat gempa berkekuatan 7,8 di Turkiye tetangga pada hari Senin (6/2/2023).

Menyusul insiden tersebut, pemimpin Israel tersebut menegaskan bahwa pemerintahnya akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Turkiye.

Menurut kementerian luar negeri Israel, tim ahli pencarian dan penyelamatan berangkat ke Turkiye pada Senin, dan misi kedua dengan bantuan kemanusiaan akan menyusul pada hari Selasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here