Soal Wayang Basalamah, Gus Miftah Minta Maaf Telah Buat Gaduh

183
KH. Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.

Jakarta, Muslim Obsession – Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah akhirnya meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi lantaran sudah menanggap wayang yang memunculkan sosok Khalid Basalamah.

“Ok fine…. Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, bukan karena nanggap wayangnya,” tulis Gus Miftah Dikutip dari Instagram resmi @gusmiftah, Rabu (23/2/2022).

Gus Miftah dalam argumennya mengatakan, bahwa sosok Khalid Basalamah dalam pentas wayang di pondoknya sepenuhnya adalah otoritas si dalang. Namun ketika itu mencuat di media sosial menjadi ramai. Netizen menumpahkan kesalahannya sepenuhnya kepada Gus Miftah.

Berikut penjelasan lengkap Gus Miftah:

Wawancara dalang ki Warseno Slank dengan tv one, dalang dengan segala otoritas nya tidak bisa di intervensi atas lakon yang dibawakannya, dalang independen dengan lakon yang dibawakannya. Tapi kan pentasnya dipondok nya miftah….. yang salah ya miftah!!! Musnah nya wayang itu sederhana kok, kalau sudah tidak ada yang nanggap dan nguri2…… Lha miftah nanggap saja supaya kelestarian nya terjaga malah disalahkan…….. pokoknya miftah salah, dan harus minta maaf, ok salahkan saya jangan dalangnya, pokok e salahnya miftah. Ok fine…. Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, bukan karena nanggap wayangnya!

Pengakuan dalang

Sang dalang Ki Warseno Slenk pun angkat bicara. Menurut dia, tokoh wayang dengan menggunakan peci dan berjenggot itu bukan  Khalid Basalamah. Dia mengatakan selama pementasan juga tidak pernah menyebut nama.

“Saya nggak nyebut nama apapun. Nggak mirip (Basalamah), jauh. Ya orang aja tidak bisa memandang dimirip-miripkan ya. Ya, monggo itu kan wayang,” kata dia, Senin malam, 21 Februari 2022.

Dia membantah tuduhan tokoh wayang berpeci dan berjenggot itu adalah Khalid Basalamah adalah tidak benar. Menurutnya, tokoh wayang yang dihajar Baladewa itu merupakan tokoh wayang karikatur.

Seperti diketahui, ceramah Khalid Basalamah yang sebut wayang harus dimusnahkan viral di media sosial. Meskipun Khalid Basalamah telah memberikan klarifikasi dan permohonan maaf atas potongan video ceramah yang viral, namun banyak tokoh yang mempersoalkan pernyataan Khalid, salah satunya Gus Miftah.

Diawal pegelaran wayang, Gus Miftah dikutip di akun Youtube Gus Miftah Official, mengungkapkan bahwa pagelaran wayang ini digelar spontan, terlepas dari kontroversi pengharaman wayang kulit. Baginya, semua ini ada hikmahnya agar selalu mengingat budaya Indonesia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here