Selain Paracetamol, Berikut 9 Obat Alami Turun Panas untuk Anak

366
Ilustrasi: Mengompres anak yang terserang demam. (Foto: momsxyz)

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah sementara waktu melarang penggunaan obat turun panas paracetamol sirup untuk anak-anak karena banyak ditemukan kasus gejala ginjal akut yang menyebabkan kematian. Sementara obat sirup paracetamol menjadi obat paling banyak dipakai masyarakat.

Meski begitu, masyarakat tak perlu khawatir. Karena masih banyak obat alami yang bisa dipakai untuk turunkan panas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut obat penurun panas anak yang alami dan cukup efektif yang bisa dilakukan di rumah:

1. Kompres air biasa

Memberikan kompres air biasa, yang tidak terlalu panas atau dingin bisa membantu menurunkan demam pada anak. Kompres dapat ditempatkan pada dahi, dada, perut, atau ketiak saat anak tidur atau berbaring.

Setelah memberikan kompres, diamkan kompres tersebut selama 20-30 menit di tubuh anak. Ganti kompres ketika mulai kering atau terasa panas. Pantau juga suhu tubuh anak secara berkala setiap 1-2 jam setelah memberikan kompres.

2. Lemon dan madu

Memberikan lemon yang dicampur madu dinilai efektif dalam mengurangi demam pada anak karena dapat memperkuat kekebalan tubuhnya. Cukup dengan menambahkan 2 sdm madu ke dalam segelas kecil jus lemon atau jeruk. Kemudian berikan kepada anak untuk diminum.

Tidak hanya untuk menurunkan demam pada anak, kombinasi lemon dan madu juga terasa enak dan menyegarkan tubuh. Pastikan anak sudah berusia di atas 1 tahun untuk menghindari risiko botulisme.

3. Jahe hangat

Sifat antibakteri dalam jahe membuatnya efektif sebagai obat penurun panas anak yang alami, mengobati batuk, dan gejala umum lainnya. Orang tua dapat memberi anak teh jahe atau membuatkan minuman hangat dengan irisan jahe. Bisa juga tambahkan madu sebagai pemanis.

Minuman jahe hangat bisa membuat anak berkeringat, serta membantu menghilangkan panas dan racun pada tubuh.

4. Air kelapa

Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa menjadikannya sebagai obat penurun panas anak yang alami karena dapat memenuhi cairan yang hilang ketika anak sedang demam. Selain itu, air kelapa merupakan cara yang baik untuk menyegarkan tubuh.

5. Teh peppermint

Obat penurun panas anak yang alami lainnya, yaitu peppermint. Kandungan mentol yang tinggi dapat memberikan rasa dingin dan menyejukkan. Berilah teh peppermint hangat kepada anak untuk membantu tubuh anak menjadi lebih banyak berkeringat sehingga dapat menurunkan panasnya.

6. Buah dan sayur

Orang tua dapat memberi anak banyak sayur dan buah yang mengandung air. Buah-buahan, seperti melon, semangka, dan stroberi adalah pilihan yang baik. Sementara, sayuran yang direkomendasikan, yaitu seledri, mentimun, dan kembang kol.

7. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman obat yang efektif untuk berbagai pengobatan, salah satunya untuk menurunkan panas demam pada anak. Beri anak minuman olahan gel lidah buaya, atau mengoleskan gel lidah buaya pada kulitnya agar lebih terasa dingin dan menyejukkan.

8. Mandi air hangat.

Ketika demam bukan berarti si kecil tak boleh mandi. Pastikan air yang digunakan adalah air hangat atau suhu normal. Hindari mandi dengan air dingin karena hal ini dapat membuat suhu tubuh si kecil mengalami kenaikan dan menyebabkan tubuhnya menggigil.

9. Pijat dengan ramuan herbal

Memijat anak dengan ramuan herbal bisa jadi pilihan sebagai obat penurun panas anak yang alami. Cukup mencampurkan ramuan alami penurun panas anak seperti minyak telon atau minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah dan perasan jeruk nipis.

Pijatlah tubuh si kecil dengan ramuan tersebut, terutama pada punggung, dada dan juga perut agar tubuh anak lebih membaik. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here