Sambut Ramadhan, Kampung Al-Quran Lorong Raudhah Gelar Sima’an Al-Quran

318

Jakarta, Muslim Obsession – Menyambut datangnya Ramadhan, 24 santri tahfiz Pesantren Lorong Raudhah Indonesia secara serentak melaksanakan kegiatan sima’an Al-Quran di 23 rumah dan Masjid Hubbul Quran di Kampung Quran Lorong Raudhah Mangga Tiga Permai, Ahad (27/3/2022).

Kegiatan menyampaikan hafalan Al-Quran itu dilaksanakan dengan cara memperdengarkan satu juz oleh masing-masing santri kepada tuan rumah dan santri non tahfizh.

“Sima’an Al-Quran ini adalah kegiatan puncak sambut Ramadhan dimana sebelumnya selama bulan Sya’ban telah dilaksanakan Tahib Ramadhan dua kali, Pelatihan Khatib dan ceramah, Lorong Mengaji, Kajian memakmurkan masjid, serta kunjungan Ulama dan Dai,” ujar Pimpinan Pesantren Lorong Raudhah Ustadz Rahim Mayau.

Dai Parmusi Sulawesi Selatan ini mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan tersebut adalah dalam rangka mengharapkan berkah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam memasuki Bulan Suci Ramadhan.

“Ini juga untuk membangun syiar bahwa seharusnya kita sungguh-sungguh dan bergembira sambut Ramadhan dengan iman, ilmu, dan amalan,” sambungnya.

Di antara tanda kegembiraan itu, sebutnya, Kampung Quran Lorong Raudhah yang dirintis Pesantren Lorong Raudhah sejak empat tahun lalu juga melaksanakan kegiatan bersih-bersih dan menghias kampung sambut Ramadhan.

Penulis buku “Inspirasi Da’wah Faktual” ini menjelaskan, ada tiga ikon di kompleks Mangga Tiga Permai Paccerakkang Makassar. Pertama, Kampung Quran Lorong Raudhah Indonesia, dimana lorong yang panjangnya sekitar 100 meter tersebut memiliki 14 Sanggar Cinta Al-Quran yang sehari-harinya ramai dengan santri belajar Al-Quran.

Kedua, Masjid Hubbul Quran yang makmur dengan berbagai aktivitas terkait Al-Quran dan keumatan.

“Dan ketiga adalah Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, yakni pesantren tanpa pondok yang memberdayakan seluruh potensi yang ada di lorong, mulai dari sumber daya manusia hingga sarananya,” jelasnya.

Pada kesempatan kegiatan Sima’an tersebut turut hadir tamu studi banding dari Majelis Ta’lim Masjid Nurul Mujtahidah Perumnas. Hadir pula Riri Islamic Organizer (RIO) yang menyerahkan waqaf Al-Quran sebanyak 50 eksemplar kepada 50 orang santri Iqra Pesantren Lorong Raudhah Indonesia. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here